Di mana Osama bin Laden?

Helmand, Afghanistan (CNN) – Delapan tahun setelah 11 September, “perang melawan teror” sudah jalan dodo. Dan Presiden Obama berbicara bukan mengenai perang melawan al Qaeda dan sekutu-sekutunya.

Apa, kemudian, al Qaeda’s misterius pemimpin, Osama bin Laden, yang telah lenyap seperti kepulan asap? Dan apakah ia bahkan masalah sekarang?

Pemerintah AS tidak punya yang solid mengarah pada pemimpin al Qaeda sejak pertempuran Tora Bora di musim dingin 2001. Meskipun ada informasi hipotesis bahwa hari ini dia berada di Pakistan, Provinsi North West Frontier di perbatasan Afghanistan, mungkin di salah satu wilayah utara seperti Bajaur, ini dasarnya menebak, bukan “ditindaklanjuti” kecerdasan.

Seorang analis kawakan kontraterorisme Amerika menjelaskan kepada saya, “Ada koleksi sangat terbatas pada dirinya secara pribadi.”

Komunitas intelijen itu singkatan untuk kenyataan bahwa jalan yang biasa dari “koleksi” pada sasaran seperti bin Laden yang menghasilkan sedikit atau tidak ada informasi tentang dia. Mereka jalan biasanya meliputi penyadapan sinyal panggilan telepon dan e-mail, serta kecerdasan manusia dari mata-mata.

Mengingat ratusan miliar dolar bahwa “perang melawan teror” telah dikonsumsi, kegagalan untuk menangkap atau membunuh pemimpin Al Qaeda adalah salah satu sinyal kegagalan.

Apakah itu bahkan peduli apakah bin Laden ditemukan? Ya, memang. Pertama, ada masalah keadilan bagi hampir 3.000 orang yang tewas dalam serangan 11 September dan untuk ribuan korban lain serangan al Qaeda di seluruh dunia.

Kedua, setiap hari bahwa bin Laden tetap pada kebebasan adalah kemenangan propaganda al-Qaeda.

Ketiga, walaupun bin Laden dan wakilnya Ayman al-Zawahiri tidak mengelola operasi al Qaeda setiap hari membimbing mereka secara keseluruhan arah gerakan jihad di seluruh dunia, bahkan ketika mereka bersembunyi.

Pesan-pesan dari pemimpin al Qaeda telah mencapai jutaan tak terhitung di seluruh dunia melalui televisi, internet dan surat kabar. Kaset-kaset tidak hanya menginstruksikan Al Qaeda pengikutnya untuk terus membunuh orang Barat dan orang-orang Yahudi, tetapi juga dilakukan beberapa petunjuk yang spesifik sel militan kemudian bertindak.

Pada bulan Maret 2008, misalnya, pemimpin Al-Qaeda mengecam penerbitan kartun Nabi Muhammad di sebuah surat kabar Denmark sebagai “bencana” yang hukuman akan segera dijatuhkan. Tiga bulan kemudian, seorang penyerang bunuh diri Al-Qaeda mengebom Kedutaan Besar Denmark di Islamabad, menewaskan enam.

Beberapa membaca ini mungkin berpikir: Tapi apa bukti bahwa pemimpin al-Qaeda masih hidup? Banyak. Sejak tanggal 11 September bin Laden telah merilis sebuah membunuh dari video dan kaset audio, banyak yang membahas kejadian terkini. Setelah sembilan bulan keheningan, misalnya, bin Laden merilis sebuah rekaman 22 menit pada 14 Maret tajam baru-baru ini mengutuk invasi Israel di Gaza.

Apakah kaset ini nyata? Tak satu dari lusinan kaset dirilis oleh Bin Laden setelah 9 / 11 telah menjadi palsu. Memang pemerintah AS telah dikonfirmasi banyak dari mereka menggunakan khas bin Laden voiceprint.

Dan bagaimana dengan gigih laporan bahwa ia sakit? Pada tahun 2002, Presiden Pakistan Pervez Musharraf mengatakan Bin Laden mempunyai penyakit ginjal, sehingga ia memerlukan mesin dialisis, dan karena itu mungkin mati. Tapi cerita-cerita tentang kehidupan bin Laden mengancam masalah ginjal adalah palsu, kalau melihat penampilannya di video bahwa ia dirilis pada tahun 2004 dan sekali lagi pada tahun 2007, di mana ia tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit.

Pada tahun 2007 rekaman, Al Qaeda bahkan telah dicelup-bebercak putihnya jenggot dengan warna hitam, menunjukkan bahwa sebagai militan Saudi memasuki dekade kelima, ia tidak kebal terhadap ukuran kesombongan tentang penampilan pribadi.

Bahkan, Bin Laden tampak jauh lebih baik pada mereka video daripada dirinya dalam video ia dibebaskan tidak lama setelah pertempuran di Tora Bora akhir 2001, di mana ia lolos dari yang tewas dalam serangan besar-besaran Amerika.

Situasi ini semakin rumit oleh fakta bahwa bin Laden dan Al-Zawahiri hampir pasti bersembunyi di wilayah kesukuan Pakistan, di perbatasan Afghanistan.

Arthur Keller, seorang agen CIA yang mengelola sebuah jaringan mata-mata di wilayah kesukuan Pakistan pada tahun 2006, menceritakan masalah-masalah yang bekerja di wilayah: “Ini daerah yang sangat terpencil. Mereka sedang bersembunyi di lautan manusia yang sangat xenophobia orang luar , jadi sangat, sangat sulit kacang retak. ”

Faktor tambahan yang beroperasi di bin Laden mendukung adalah popularitas pribadi ia telah lama menikmati di Pakistan. Tiga tahun setelah serangan 11 September, misalnya, sebuah jajak pendapat Pew menemukan bahwa pemimpin al Qaeda memiliki rating 65 persen di antara favorability Pakistan.

Namun, jelas dari video dari bin Laden dan Al-Zawahiri yang disiarkan di tahun-tahun sejak serangan bahwa mereka tidak hidup dalam gua.

Dalam kaset-kaset, kedua pria itu Pakaiannya bersih dan baik-ditekan. Gua umumnya tidak memiliki fasilitas binatu. Dan video yang mereka telah merilis yang cukup terang dan baik-shot produksi, menyarankan mengakses salah satu outlet listrik atau generator untuk menjalankan lampu. Al-Zawahiri sering difilmkan di perpustakaan pengaturan, dan pada salah satu video dari Maret 2006, ada tirai jelas terlihat di belakangnya, menunjukkan bahwa rekaman itu ditembak di sebuah rumah.

Pada awal 2008, pemerintahan Bush telah lelah dari pemerintah Pakistan keengganan atau ketidakmampuan untuk mengambil pemimpin Al Qaeda, dan pada bulan Juli, presiden Pasukan Operasi Khusus yang berwenang untuk melaksanakan serangan darat di daerah kesukuan tanpa izin dari pemerintah Pakistan.

Tetapi dalam menghadapi oposisi Pakistan yang intens sepatu Amerika di tanah, pemerintahan Bush memilih untuk mengandalkan hanya pada target drone dicurigai Al Qaeda dan pemimpin Taliban. Bush memerintahkan CIA untuk memperluas serangan dengan Predator dan Reaper drones.

Antara Juli 2008 dan bulan ini, US drone telah membunuh puluhan militan berpangkat lebih rendah dan setidaknya 10 pertengahan dan pemimpin tingkat atas dalam al-Qaeda atau Taliban.

Strategi ini tampaknya telah bekerja, setidaknya dalam hal kemampuan memerangi al Qaeda untuk merencanakan atau melakukan serangan di Barat. Penegak hukum berwenang tidak menemukan plot yang serius terhadap target AS atau Eropa yang dilacak militan yang telah menerima pelatihan di daerah suku Pakistan setelah dengung program ini telah secara dramatis ramped atas sana.

Peningkatan kecepatan dari serangan drone Amerika di wilayah kesukuan Pakistan sebagian didorong oleh harapan bahwa panik itu akan meningkatkan komunikasi di antara kaum militan, yang bisa membantu menunjukkan lokasi para pemimpin puncak dalam al Qaeda atau Taliban, tetapi pendekatan itu telah tidak terbayar ketika datang ke bin Laden.

Jika membunuh bin Laden dengan dengung telah terbukti sulit, begitu juga akan menangkap dia hidup-hidup.

Mantan pengawal Abu Jandal kepada Al Quds Al Arabi koran, “Sheikh Osama memberikan saya sepucuk pistol. … Pistol hanya punya dua peluru, bagi saya untuk membunuh Syekh Osama dengan kalau kita dikelilingi atau ia akan jatuh ke dalam tangan musuh, sehingga ia tidak akan ditangkap hidup-hidup ”

Bin Laden harus ditangkap atau dibunuh, yang mungkin akan memicu perang suksesi dalam al-Qaeda.

Sementara al-Zawahiri adalah wakil pimpinan kelompok teror dan karena itu secara teknis penerus bin Laden, ia tidak dianggap sebagai pemimpin alami. Memang, bahkan di antara sesama militan Mesir, al-Zawahiri dipandang sebagai kekuatan memecah-belah, dan jadi dia tidak mungkin untuk dapat masuk ke peran pemimpin al Qaeda dan gerakan jihad di dunia yang diduduki oleh Bin Laden.

Oleh hukum rata-rata, pada akhirnya, Bin Laden akan ditangkap atau dibunuh. Namun gerakan ideologis bahwa ia membantu menelurkan – “Binladenism” – akan hidup lama setelah dia pergi. Itu adalah warisan bin Laden.

About Kang Agus

Curhat sang pelaut..kalau ada yang mau curhat cara masuk ke kapal pesiar silahkan komen di artikel yang berkaitan mohon maaf kalau gak langsung di jawab berhubung sibuk melaut..saya akan coba usahakan jawab
This entry was posted in berita dunia and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s