Ketika Sinyal Blackberry jadi ‘gprs’

Pernah mendapati sinyal BlackBerry Anda berubah dari ‘GPRS’ menjadi ‘gprs’ (kecil)? Jika sudah begini, tentu layanan BlackBerry Internet Service (BIS) tak bisa digunakan. Dengan kata lain, BlackBerry Anda cuma bisa buat menelepon, tak bisa untuk berinternet ria.

Ada beberapa faktor yang membuat BlackBerry kita berubah dari GPRS menjadi gprs (kecil). Beberapa di antaranya adalah:

-. Layanan BIS(BlackBerry Internet Service) kita sudah habis. Hal ini jika kita menggunakan layanan pra bayar. Sementara untuk pasca bayar, terjadi pemblokiran karena belum melakukan pembayaran padahal sudah jatuh tempo.
-. Jaringan operator yang digunakan sedang bermasalah (error)
-. Handheld BlackBerry kita yang bermasalah

Nah, untuk mengetahui lebih jelas permasalahan yang terjadi kita bisa saja mencari tahu. Lakukan tips-tips berikut:

1. Jika menggunakan kartu prabayar, kita bisa mengecek masa aktif layanan BIS sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh operator yang digunakan. Sebab, secara otomatis kita bisa tahu kapan kita harus melakukan aktifasi lagi. Jika perlu aktifkan reminder di BlackBerry untuk mengingatkan batas dan kapan berakhirnya layanan BIS kita.

Begitu juga untuk kartu pasca bayar, kita harus mengingat jatuh tempo pembayaran tagihan setiap bulannya. Hal ini untuk menghindari jangan sampai karena faktor lupa untuk mengisi ulang, memperpanjang layanan atau melakukan pembayaran sehingga layanan BIS kita jadi gprs lagi.

2. Untuk mengetahui network operator yang kita gunakan apakah lg error atau tidak, kita bisa menghubungi teman atau kerabat yang berada tidak jauh dari tempat kita yang juga menggunakan layanan BIS dari operator yang sama dengan kita. Apakah pada saat itu memang lagi network error atau tidak, atau langsung menghubungi pihak operator atau PIC operator setempat. Mohon infonya mengenai network.

Jika network it’s ok, coba lakukan hal berikut ini:

Cara Pertama:
-. Klik Options
-. Advanced Options
-. Host Routing Table
-. klik tombol Menu / logo BB
-. Register Now

Cara Kedua:
-. Coba restart BB (Alt + aA kanan + Del)

Cara Ketiga:
-. Hard reset atau cabut baterai selama 5-10 menit
-. Lalu Masukan lagi baterainya

Cara Keempat. Ini yang Cukup Ampuh:
-. Klik Options
-. Mobile Networks
-. Network Selection Mode Manual
-. Scan for Available Network
-. Pilih operator lain
-. Diamkan selama 5-10 menit
-. Lalu ke tampilan utama, pilih Manage Connections – Turn off All Connections
-. Diamkan 1-5 menit, kemudian nyalakan lagi
-. Kembali ke Options – Mobile Network
-. Pilih kembali operator awal/asal

Jika cara-cara di atas sudah dilakukan dan BlackBerry kita masih gprs (kecil), coba cek dan pastikan apakah Sim Card atau device BlackBerry kita bermasalah?

Coba Lakukan hal berikut ini:

-. Ganti Sim Card yang kita pakai dengan kartu lain yang satu operator atau operator lain yang layanan BIS-nya aktif tanpa harus masuk ke email setting (untuk menghindari terjadi change device), karena kita hanya mau melihat apakah masih tetap gprs kecil.

-. Jika iya, berarti device BlackBerry yang bermasalah. Jika sudah GPRS berarti Sim Card kita yang trouble, Kalau begini permasalahannya, ya tinggal hubungi customer service operator yang bersangkutan.

-. Sementara untuk mengecek perangkat BlackBerry kita apakah yang bermasalah karena software atau hardware. Jika penyebabnya karena sofware, biasanya OS (sistem operasi) kita yang corrupt. Lakukan upgrade/downgrade OS yang digunakan untuk memastikan device BlackBerry kita tidak ada masalah dengan Pin. Misalnya PIN suspend atau lain sebagainya.

Coba lakukan hal berikut:

1. Masuk ke website ini dari komputer: —> http://.blackberry.com. Misalnya: indosat.blackberry.com.

2. Pilih Create New Account – Kemudian akan disuruh memasukkan PIN dan IMEI – Lalu klik next dan akan muncul notifikasi seperti tulisan berikut ini:

– Your device has not yet been registered with the network
– The Blackberry is registered with another provider
– Your Account is already registered
– Your Account is SUSPENDED

Keterangan:

a. Jika memang device BlackBerry kita yang bermasalah karena suspend, berarti kita mendapat cobaan dech🙂, ambil hikmahnya agar tidak terulang hal yang sama lagi. Jika kita memiliki/membeli handheld harus lebih hati-hati dan teliti lagi sebelum membeli (ingat tips sebelum membeli/memiliki BlackBerry).

b. Sementara jika tidak ada masalah dengan suspend Pin dan ternyata hardware BlackBerry kita yang bermasalah, coba cek fisik ke bengkel BlackBerry yang terpercaya di tempat terdekat. Jika perlu cari info dari teman-teman di komunitas BlackBerry kita tempat yang recomended untuk cek/servis BlackBerry

Sumber: DetikNet

About Kang Agus

Curhat sang pelaut..kalau ada yang mau curhat cara masuk ke kapal pesiar silahkan komen di artikel yang berkaitan mohon maaf kalau gak langsung di jawab berhubung sibuk melaut..saya akan coba usahakan jawab
This entry was posted in dunia blackberry and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s