Penting : Khusus Buat Crew HAL Cara Buat SKCK Tingkat POLRES Untuk Syarat Buat S.I.D (Seafarers Identity Document)

Pengen sharing aja buat temen-temen seperjuangan baik crew Holland America Line maupun Crew lainnya barangkali ada yang belum tahu atau lupa lagi cara bikin SKCK ( Surat Keterangan Catatan Kepolisian ) dan ini salah satu syarat untuk membuat S.I.D (Seafarers Identity Document)

Ok…jika ingin membuat SKCK baru, untuk bikin SKCK di POLRES, syaratnya adalah:

Pengalaman saya kemarin : Sebelum ke Polres saya disuruh bikin dulu SKCK di Polsek dulu terus di lanjutkan ke Polres ( tidak di pungut biaya)

1. Surat keterangan pengantar dari  RT disyahkan ketua RW dan Lurah serta Camat setempat.

2. Satu lembar fotokopi KTP dan Kartu Keluarga atau identitas lain bagi yg belum memenuhi syarat pembuatan KTP.

3. Pengambilan sidik jari (Bagian identifikasi) ==> disini adalah bagian yg menurutku paling menarik, karena disodorkan kertas yg harus diisi dg berbagai pertanyaan ttg ciri fisik anda. (sinyalement)

4. Pas foto warna tampak muka dan kedua telinga ukuran 4×6 dan 3×4 (cuma jumlahnya lupa, yaa bawa persediaan yg banyak aja deh, biar aman ga bolak balik)

Jika ingin memperpanjang SKCK yg anda miliki, syarat yg harus dipenuhi adalah:

1. Surat keterangan pengantar dari  RT disyahkan ketua RW dan Lurah serta Camat setempat.

2. SKCK yg lama (asli)

3. Satu lembar fotokopi KTP dan Kartu Keluarga.

4. Pas foto warna tampak muka dan kedua telinga ukuran 4×6 = 4 lembar.

Penting :Kalau SKCK nya udah jadi bawa ke SBI dan siapkan Uang Rp. 350.000 + 15.000 untuk di foto di Dephub untuk buat S.I.D  nanti dijadwalkan oleh SBI untuk datang ke Dephub, Ini juga saya dapat info dari Bu Evi dan Bu Christine  yang cantiek :lol:waktu ngobrol di kantin hee..hee

Hal ini kutulis di blog juga sebagai arsipku sendiri, barangkali kedepannya aku lupa syarat membuat SKCK yg baru ataupun syarat memperpanjangnya. Membuatnya SKCK ini kalau beruntung bisa 1 hari jadi ato 1 hari jadi untuk memperpanjang, tapi klo lagi rame atau penerimaan CPNS ya bisa seminggu untuk bikinnya doang, makanya yang di luar kota cepetan bikin biar ga di denda..lumayan lo denda $25.000 gile banget coy kalo macul berapa taun ya hahhaa

oke brooo..semoga manfaat ya..untuk info lebih lanjut silahkan tanya ke staf  SBI..

About Kang Agus

Curhat sang pelaut..kalau ada yang mau curhat cara masuk ke kapal pesiar silahkan komen di artikel yang berkaitan mohon maaf kalau gak langsung di jawab berhubung sibuk melaut..saya akan coba usahakan jawab
This entry was posted in Breaking News and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

36 Responses to Penting : Khusus Buat Crew HAL Cara Buat SKCK Tingkat POLRES Untuk Syarat Buat S.I.D (Seafarers Identity Document)

  1. eiske says:

    exellent bro.

  2. eiske says:

    keep on track,mas

  3. eiske says:

    keep on track,mas.

  4. Sigit says:

    Bagus mas infonya, dan setelah ngumpulin banyak duit bikin usaha modal kecil bisa dilakukan waktu luang usaha di rumah yang sekiranya bisa ditinggal kalo ke kapal lagi

  5. ahmeh says:

    jngn lupa tempatnya di gedung karya lantai 7.. kemaren saya kesana malah di suruh ke basement yg buat urus2 sertipikat pelaut,,, capek duwehhhhh

  6. Andri says:

    kang,maaf sebelumnya.. saya tau postingan ini udah tahun kemaren,tp saya butuh pencerahan dikit.mohon bantuannya. kang,saya udah ketrima di SBI tinggal nunggu jadwal trainingnya aja,, yg ingin saya tanyakan,klo buat SKCK buat persyaratan SID itu keteranganya ditulis apa? kmrn saya sempet buat SKCK tuk syarat buat seaman book tp cuma di polsek aja dan itu ada cap “Tidak untuk ke Luar Negeri” yg ingin saya tanyakan,bisakah dari kecamatan lgsg ke polres soalnya ada temen saya yg buat SKCK di polres ada rumus sidik jarinya.. trus posisi saya kan di Malang,ada kabar klo buat SKCK di SBI harus di MABES polri di jkt.. yg dibuat keperluan training di cikarang dll,, gmn itu kang? makasih sebelumnya..

  7. noesa says:

    kalau skck asli ga ada, tp mau memperpanjang gimana bisa?

  8. nyoman says:

    infonya sangat bermanfaat mas..saya sangat ingin bekerja dikapal pesiar..impian sejak kecil…trimaksih bget infonya…

  9. denris says:

    mau tanya kang, klo saya udah sending application ke sbi,apa saya harus stay di jakarta untuk melaksanakan pelatihan. dan berapa taksiran keseluruhan biaya yang diperlukan.trima kasih untuk jawabannya dan semoga bisa ketemu sama kang agus di HAL.amien

    • Kang Agus says:

      klo dah send appl ga usah stay di jakarta tunggu aja panggilan biasanya lewat telp sambil kerja aja dulu nanti klo dah intervie di sbi dan dinyatakan lulus baru resign kerja,,jdi ga nganggur tuk pletihan nanti ada scedulnya klo udah lo2s intervie di sbi. nanti ada lagi interview di cikarang dan marlin tes tuk menentukan training atau pelatihan disana…

  10. denris says:

    thx infox kang agus..smoga bermanfaat untuk halayak banyak.amien

  11. Pingback: uye bagi2 informasi | becakbanetelu

  12. rahmawati says:

    thz atas infonya sgt terbantu…………

  13. alfi yondri says:

    askum kang agus..saya pengen sekali kerja di kapal pesiar tp saya cuma tamatan smk jurusan otomotif n bahasa inggris saya juga hancur kang,,tp saya punya pengalaman kerja 3 thn di jpg kang,,apa sebaiknya yang harus saya lakuin biar bisa kerja di cruise kyk kang agus..oia stu lgi apa di kpl kt bsa shlt n puasa kang?.mohon pencerahannya kang..mksih sblummnya n sukses sllu bwt kang agus

  14. bajak laut muda says:

    pak,ni saya sudah buat skck,malahan udah sampek polda….lha klo sampek polda otomatis skck yg polres kan jg di kumpulin di polda…mang klo pakek skck polda busa po pak.?? thanks…

  15. tito says:

    yang update ada gak ya bro?

  16. kang agus bandungnya
    sebelah mana

  17. erwan says:

    biaya total buat SID berapa mas???makasih

  18. Dimas Adityo says:

    trims bwt info ny yg sngat membantu, kang agus…

  19. tata mihrdja says:

    tc

  20. popo says:

    nuhun kang ijin share ya…

  21. eko susanto says:

    thanks mas bro,,sid ku mlaj hilang di copet ma tetanggaku sendiri,ni lagi bingung nyari persyaratan lagi untuk pembuatan sid baru,,,,,,,,,,,,hahhahaha yg nulis blog doyan macul juga ya,,,sipp siipppp!!!

  22. newbielaut says:

    syarat pembuatan SID ( Seafarer document ) apa saja kang, dan dibawa kemana berkasnya ?? terima kasih

  23. PejuangPelaut says:

    SID/Seamen Identification Document :
    1. Mengisi Formulir di dishub.
    2. Pasport Asli
    3. Seamen Book Asli
    4. BST asli + Print Web
    5. Foto Copy Akte Kelahiran
    6. Foto Copy Kartu Keluarga
    7. Foto Copy KTP
    8. SKCK untuk pembuatan SID asli dari POLRES ( harus ada rumusan sidik jarinya)
    9. Pas Poto 3X4=4 lembar berwarna background biru putih dasi hitam
    10. Nama,tanggal lahir,alamat di passport dan BST harus sama

    • ndre pewee says:

      Salam kang mau Tanya ni soal bkin Sid
      Kang sy Udh keterima Di costa via miranti
      Nah sy tu Mw bkin Sid sndri ,sbb d sono mhal ampe 900 .nah gpp ni klo bkn sndri , trz ribet gk
      N dmna sehh tmpat ya
      Thanks ,pliss reply

  24. anton says:

    Dear akang
    Mau tanya, pada saat apply kalo skck dan disertakan bisa tidak kira2?

    • anton says:

      maksud nya skck tidak disertakan ketika melamar apakah berkas kita diterima juga..?? jadi untuk skck nya dilengkapi kalo memang sudah lulus test dan diterima, soalnya saya ktp medan dan saat ini bekerja di jakarta dan sangat tidak mungkin izin untuk mengurus skck tersebut ke medan karena saya masih belum memiliki hak cuti dikarenakan saya belum satu tahun di perusahaan tempat saya bekerja sekarang.

  25. toto says:

    apakah harus menggunakan agen dalam pengurusan SKCK ini ??? . Bisakah kita mengurus sendiri pengurusan SID ini ?

  26. toto says:

    2016 apakah harus menggunakan agen untuk mengurus SID ?

Leave a Reply

