Martabak Manis/Terang bulan (Martabak bangka)

Kalau aku iseng di rumah kalau lagi bosan nge-blog bikn martabak atau masak simpel2 aja barangkali ada temen2 atau ibu2 yang kebeneran nyasar ke blog ini silahkan coba resep dibawah ini siapa tahu jadi inspirasi atau bahkan jadi jualan hoohoooo..

Bahan-bahan:

  • * 4 Sendok Makan Gist
  • * 1700 cc Santan dari 2 Kelapa tua
  • * 2 Sendok Teh Garam dimasak bersama Santan sampai panas, suam-suam kuku
  • * 1 kg Tepung Terigu
  • * 6 Butir Telur Ayam
  • * 60 gr Soda Kue
  • * 2 Sendok Teh Vanili
  • * Margarine secukupnya
  • * 100 gr Kacang Sanggrai di tumbuk kasar
  • * 100 gr Coklat Meisjes
  • * 1 Kaleng Susu kental manis
  • * Gula pasir untuk adonan dan taburan sesuai selera

Cara membuat

  • * Masukkan Gist kedalam campuran santan dan garam. Diamkan 15 menit sampai berbuih, sisihkan.
  • * Dalam sebuah mangkuk yang lain campurkan terigu dan telur dan aduk perlahan sambil tuangkan santan sedikit        demi sedikit, sampai adonan licin, kemudian tambahkan Gula pasir, Soda kue dan Vanila.
  • * Panaskan loyang Martabak bergaris tengah 20 cm yang sudah diolesi Mentega.
  • * Tuangkan adonan setebal 1 cm, panggang diatas api dengan nyala sedang.
  • * Setelah adonan berlubang, taburkan kacang tanah, Meisjes, gula pasir dan susu kental manis.
  • * Lipat Martabak, olesi luarnya dengan Mentega, angkat dan hidangkan.

Selamat mencoba…kalau udah bikin martabaknya jangan lupa kasih aku hooohoooohoo ;)

About these ads

About Kang Agus

untuk curhat ke tentang kapal pesiar tolong jangan inbox ke fb lagi saya ga bisa jawab semuanya lebih baik ke link ini aja saya akan usahakan dijawab : https://ehkangagus.wordpress.com/curhat-sang-pelaut/ many thanks good luck guys..
This entry was posted in Dapur kang agus and tagged , , . Bookmark the permalink.

19 Responses to Martabak Manis/Terang bulan (Martabak bangka)

  1. ichund shandy says:

    kenapa sich martabak yang saya bikin, bagian dalamnya malah menjadi licin, dan terkadang bergelembung…. mohon solusinya yachhh. trims

  2. hany rahmawaty darmawan says:

    bang pesen martabak tapi full cinta kasih ada g ya trus takarrannya brpa gr @ bahan???gkgkgkgkk

  3. AZIZ says:

    ASS… kang aq mO nAnya apa prbdaannya klo bhan tdk pke sAntn & yg pke sntan’
    al’ya mArtbak’q ga pke sntan? mhon jwabnYa…. thanks
    bY; aziZ d pAlopo ‘sUlsel’

  4. Rizal says:

    Mass, ak blm pham tentang takaran kira2 1 sendok teh dan 1 sendok makan brapa gram, mhon pencerahannya. Trim.

  5. arya nk mrtabak says:

    telurnya agak dibnyakkin agar lembut

  6. undree says:

    gist itu apa mas??hehe nubie soal masakan neh

  7. Pingback: uye bagi2 informasi | becakbanetelu

  8. pulzzahut says:

    makasih udah kasi resepnya. sy mau nyobain moga moga berhasil dan enak

  9. rudy says:

    Mau tanya GIST apa ya?

    • salah bahasa, bukan GIST tapi yeast. itu adalah pengembangan, di pasaran namanya bisa bermacam-macam, salah satunya fermipan. Kalau saran saya,… tidak perlu pakai yeast,.. nanti malah gak kayak martabak manis, tapi malah mengarah kayak bolu atau pancakes, blas gak menarik. efek lain dari pemakaian yeast adalah asam kalau baru tahap pemula. karena tidak tahu pengukuran.

  10. rizki says:

    mas, kenapa ya mrtabak yang saya buat selalu bantat dan pecah, apa ngaduknya kurang lama? mhon penjelasannya

    • Mas rizky, sayangnya tidak di jelaskan, yang di maksud bantat dan pecah itu yang seperti apa? Kalau yang di jadikan ukuran adalah martabak manis yang biasa kita jumpai umumnya, pertama pastikan bahwa adonan yang kita buat adalah adonan tepat, enak dan merupakan hasil ujicoba berulang. hindarkan resep yang copy paste. Setelah kita mendapatkan satu resep yang oke, tahap berikutnya adalah cara pemanggangan, permainan api dan kemudian finishing, pastikan semua di lakukan dengan benar. karena packaging dari sebuah product hingga di sebut martabak manis adalah satu kesatuan proses.

  11. Wahyu says:

    smg bermanfaat buat semua. Khususnya saya pribadi hmhmhm, karena saya ingin buka usaha terang bulan mas.
    Skalian mau tanya mas, gist itu apa n dmana saya bisa dapatkan bahan itu?
    Makasih..

  12. mima says:

    kalo dimasaknya pake wajan teflon bisa ndak?

  13. Salam kenal kang agus..
    Resepnya bagus. Beberapa ada yang beda dengan resep kami. Tapi akan menjadi acuan nih untuk eksperimen demi meningkatkan kualitas kami. Terimakasih sharingnya kang.

  14. seto bogor says:

    untuk temen temen yg mau buka usaha sendiri atau mau belajar mandiri, kebetulan sekali saya menjual resep martabak bangka yg banyak sekali orang cari… murah ko hanya 400.000 kalo berminat hubungi aja ke 085284540027

    http://resepmartabakbangka.blogspot.com/

  15. seto bogor says:

    kebetulan sekali saya menjual resep martabak bangka yg banyak sekali orang cari… murah ko hanya 400.000 kalo berminat hubungi aja ke 085284540027

    http://resepmartabakbangka.blogspot.com/

  16. agung says:

    mas kenapa ya saya buat martabak tapi rasanya bukan seperti martabak, rasa martabak yang saya buat seperti bolu/kue pukis.
    tolong pencerahan nya mas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s