Inilah Trik Jitu Cara Cepat Diterima Kerja Di Kapal Pesiar

cropped-img_3227.jpgSaya akan memberikan gambaran di bagian Housekeeping karena pengalaman saya di housekeeping kalau pun ada yang minat kerja di luar housekeeping tidak jauh beda pada saat interviewnya yang membedakan ya pastinya bagian yang temen-temen lamar atau apply, dan sekarang mumpung lagi cuti saya buat artikel ini karena ingin membantu teman-teman yang ingin bekerja di kapal pesiar, jadi kalau teman-teman ingin curhat atau mau bertanya apa aja tentang di kapal pesiar saya akan berusaha menjawabnya mumpung saya masih vacation atau libur  nanti kalau sudah berangkat lagi kemungkinan saya susah menjawab nya tapi saya akan berusaha upload di channel youtub saya dan janga lupa subscribe pastiakn klik  gambar loncengny supaya ada pemberitahuan kalau ada berita terbaru dari saya.

Trik dan tips sekarang persiapkan bahasa inggris baik itu grammer maupun conversation, pelajari telling picture yaitu nanti anda akan diperlihatkan gambar alat-alat housekeeping nanti anda disuruh menyebutkan dan fungsinya dengan bahasa inggris, kalau yang paham dan pintar bahasa inggris pasti mudah melalui ini tapi yang bahasa inggrisnya pas-pasan seperti saya mendingan belajar di rumah atau practice with your friend or family atau yang lebih baik kursus soalnya salah satu sayarat ke HAL yaitu mempunyai sertificate bahasa inggris dan pengalaman hotel min 1 tahun di bintang 4 atau bintang lima dari sekarang private dulu dech dan yang paling penting berdo’a ya,selain itu mental harus di siapkan karena tidak seberat kerja di tanah air, di kapal kerja 10 jam tanpa ada hari libur.

Berikut ini saya share video rekaman ketika saya di kapal supaya lebih jelas tentang bagaimana proses atau tahapan untuk bisa cepat kerja di kapal pesiar khususnya di kapal pesiar holland america line umumnya di kapal pesiar lainnya. jangan lupa like dan subcribe video nya supaya tidak ketinggalan info tentang cara masuk ke kapal pesiar.

pada saat interview pertama yang wawancara teman-teman itu harus  introduce your self sampai pengalaman bekerja, yang banyak gagal di interview selain bahasa inggrisnya kurang pada saat di tanya pengalaman kerja jangan smpai teman-temanj jawab pengalaman kerjanya dua tahun yang lalu maka pertimbangan berat sekali karena di anggap teman-teman gak produktif.

Pengalaman ini adalah kisah nyata saya ya jadi saya mau share ke temen-temen semua yang mau atau minat bekerja di kapal pesiar mudah2an setelah nonton video di channel youtube Curhat Sang Pelaut temen-temen lebih paham lagi dan di  situ ada video Q&A atau tanya jawab tentang kapal pesiar.

Kemudian anda jangan kecil hati kalau gagal karena nanti akan di panggil lagi setelah 3 bulan, diberikan kesempatan sampai 3 kali kesempatan tes, ini untuk perusahaan Holland America Line ya say atahu persis soalnya saya bekerja di perusahaan tersebut, saran saya jangan melamar satu perusahaan saja banyak banget perusahaan lain seperti Royal Caribbean, Carnival, Disney Cruise Line, Viking , Celebrity cruise line dan banyak lagi.

Yang harus lebih perhatikan yaitu kesehatan percuma kalau semua interview lolos bahasa inggris teman-teman  pintar, Tapi pada saat tes kesehtan atau Medical check up gagal rugi banget makanya mulai sekarang yang suka minum alkohol dan merokok setidaknya kurangi kalau bisa berhenti aja dulu setahu saya rokok itu pengaruh banget ke paru-paru, nanti pas lolos bisa merokok lagi hehe,  Medical check up buat ke kapal itu ketat banget pokoknya di cek dari ujung kaki sampai ujung rambut kalau cek fisik itu maaf ya di telanjangin cek semua kaya mau masuk Militer aja, kalau cek fisik badan biasanya maaf ya lubang dubur di colok tuk memastikan tidak ada wasir atau ambein kali ya, beruntung nya sekarang medical check up nya dua tahun sekali semua perusahaan, dari sekarang pola makan harus di jaga istirhat yang cukup olah raga juga.

Tips dan Triknya kalau nanti anda giliran tes Medical check up 12 jam sebelumnya minum air dewegan (kelapa muda)dikupas dulu tapi batoknya jangan sampai bocor kemudian di rebus kurang lebih 1 jam dan diminum jangan lupa Bismillah dulu….sebenarnya banyak yang ingin saya terangin tapi berhubung sudah ngantuk abis shaur jadi ini mungkin yang saya gambarkan kepada teman-teman yang sekarang ingin bekerja di kapal pesiar, disana memang berat banget bekerja di kapal itu mental harus kuat soalnya kita bekerja sama orang beda negara,  tapi disela-sela kesibukan kita bisa jalan-jalan keliling amerika dan eropa bahwakan keliling dunia, pokoknya betah aja karena bisa tahu negera lain, Shutle bus ( bus gratis buat crew )  sudah siapkan mau jalan-jalan kemana ayo…??

Ingat!! buat yang baru join ke kapal jangan lupa last gang way kapal ya atau kita bisa disebut jam kapal berlayar lagu usahakan 1 jam atau 30 menit kapal berlayar lagi teman-teman sudah ada d kapal lagi.

Wah curhat nya kepanjangan ya ….

Baiklah kita kembali lagi masalah  tips interviewnya ya,
Interview atau wawancara adalah proses seleksi yang harus dilalui kebanyakan orang ketika melamar sebuah pekerjaan.Mungkin terasa agak susah.

Setiap orang pasti akan merasa gugup jika akan mengahadapi interview, apalagi bila interview tersebut dengan principal dari luar indonesia. Normalnya perasaan gugup itu akan menghambat kita dalam proses interview tersebut jika kita tidak bisa menguranginya.

Jika persiapan itu matang,fungsinya kita bisa mengontrol diri sendiri dan mempermudah kita untuk bisa menjawab semua pertanyaan dengan baik dan benar. Hal-hal yang perlu kita perhatikan adalah

  1. Lakukan langkah persiapan dan tumbuhkan percaya diri.Usahakan untuk tidur tidur yang cukup agar nantinya kita terlihat fresh dan tidak loyo,karena terkadang terlalu banyaknya peserta interview memakan waktu yang cukup lama.
  2. Buat sedikit catatan mengenai interview, dari mulai waktu, tempat, pakaian dsb.
    Datanglah tepat waktu, usahakan tiba tidak kurang atau lebih dari 30 menit sebelum waktu wawancara, jangan sampai terlambat. Itu akan mencerminkan kedisiplinan dan kita lebih relax untuk persiapan interview!
  3. Persiapkan segala sesuatunya sebelum berangkat, jangan sampai ada yang tertinggal
  4. Sesuai dengan posisi yang anda lamar cobalah menulis dan melatih kemungkinan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul di saat interview,hal ini akan menambah kepercayaan diri kita untuk menjawab semua pertanyaan dengan baik dan benar.
  5. Buat kesan yang baik pada saat interview.  Berikan salam ketika memasuki ruang interview dan menjabat tangan sebelum dan sesudah interview untuk memberikan kesan yang ramah.
  6. Jangan terlalu banyak berbicara, salah-salah justru anda yang jadi pewawancara.
  7. Bersemangat dan berpikiran positif, tapi jangan terlalu over.
  8. Usahakan komunikasi pada saat interview menjadi dua arah, jangan terlalu pasif kaya patung.
  9. Jawablah pertanyaan dengan jelas.
  10. Bawalah cadangan pas foto dan CV anda, kalau perlu uang cadangan lebih buat jaga-jaga ada sesuatu yang mendadak.
  11. Tataplah mata pewawancara, dengan tatapan penuh semangat seolah-olah anda siap untuk bergabung bekerja.
  12. Buatlah diri anda merasa nyaman selama interview.
  13. Berikan jawaban yang jelas dan spesifik dan tidak terlalu berlebihan.
  14. Anggap bahwa interview ini adalah pertemuan kencan anda, ini akan jauh lebih baik kan dari pada menjadi cemas dan tegang?
  15. Cobalah bertanya jika ada yang tidak jelas pada saat interview
  16. Jelaskan alasan anda berhenti atau pidah secara positif, jangan memberikan jawaban yang terlalu detail meskipun diminta.
  17. Banyak-banyak berdo’a dan  minta doa restu orang tua.

Demikianlah  Tips dan tips dari saya dalam mengahdapi interview,mudah-mudahan dapat sedikit membantu untuk menghilangkan rasa keraguan dan menimbulkan rasa percaya diri.

Semua ini curhat sang pelaut dimana saya masih aktif bekerja di perusahaan Holland Amerika Line dan alhamdulillah banyak ketemu teman-teman yang baru join ke kapal dan banyak juga yang baca artikel ini saya merasa senang kalau artikel ini bermanfaat buat teman-teman yang mau ke kapal pesiar.

Baiklah teman-teman Good Luck ya semoga cita-cita jadi pelaut tercapai See you On Board

 



 

About Kang Agus CSP
Mau kepoin ya? hehe Mau tahu atau mau tau banget? Ok Deh Naman saya Panggil aja Kang Agus CSP Kelahiran Bandung, sekarang bekerja di salah satu perusahaan kapal pesiar Holland America Line, sudah bekerja lebih 12 tahun dan hoby nge youtube share pengalaman selama di kapal pesiar. Kepoin juga channel Kang Agus CSP: https://www.youtube.com/channel/UC3TbH0Y1ONcABw9xYujoLtA Di blog ini Kang Agus CSP bahas semua tentang cara masuk kerja di kapal pesiar dan cara pembuatan dokumen dan pastinya kehidupan di kapal pesiar biar kalian yang mau ke kapal pesiar ada gambaran. Happy reading aja...adios

488 Responses to Inilah Trik Jitu Cara Cepat Diterima Kerja Di Kapal Pesiar

  1. chika says:

    Wah.. asyik ya bisa kerja di kapal pesiar….

    Terima kasih mas atas kunjungannya kemarin…
    Oya untuk pertanyaan mas kemarin bisa mas baca jawabannya di http://chikalearntospeak.wordpress.com/2009/06/18/henry-is-death/#comment-84 dan http://chikalearntospeak.wordpress.com/about/#comment-85

  2. soo says:

    waduh nice bgt ya kerja di kapal ^^

  3. soo says:

    mas agus saia liat foto flikr gak muncul ya…
    lebih baik mas abis daftar di flikr trus upload foto nah setelah itu klik foto yang sudah diupload tersebut lalu di bagian atas foto ada all size, setelah itu copas code html masukin ke widget mas…
    pasti lebih bagus ^^ jadi ada fotonya

  4. david says:

    mas agus melamar posisi apa yg plg mudah tuk di terima di sana pengalaman saya di hotel F&B tp b ingris sy kurang jd posisi mn ya mas yg pluangna lbh besar thank

    • Kalau mas David dari F&B lebih baik apply bagian ke ASL (assiten Steward Lido) kalau dapat promotan nanti ke room service, terus ke Dinning Room itu setahu saya soalnya aku di Hosekeeping, karirnya bagus lo teman aku juga kemarin 8 blan dah di promote HAL lagi butuhin crew mu tambah kapal lagi, cepat2 aja apply ke sbi mu coba apply online juga bisa ada situsnya di atricle, tapi menurut aku baca kunjungi situsnya syrat lengkapnya ada disana..oke siapin aja tes MARLIN TESTnya (B.inggrisnya) aku yakin mas David jagolah b.inggrisnya ok ya klo mu tanyaa silahkan jangan sungkan2..:)

  5. oh untuk mas David sambil tunggu pannggilan lebih baik private atau ambil kursus b.inggris soalnya patal dech kalo gagal di bidang itu apalagi di service marline tesnya mesti 70% ke atas. lagian serificate b.inggris mesti ada..kalau mau pindah ke hosukeeping mesti pengalam di hk tapi menurut aku mendingan sesuai kemampuan dan pengalaman..tidak ada kata terlambat sok dari skrang..kalo emang minat..oke ..keep the best

  6. mas Rudy, kemarin dari kapal apa..? aku dari Westd, sekarang aku dah 3 bulan di rumah, dah medical tapi ada yg harus diulang sgot dan sgpt tinggi.
    mas rudi , artikelnya bagus buat nolong yang lagi cari info tentang kapal pesiar,sekarang lagi ada di mana mas Rudi…?blognya pakai blogger ya,…? bagus rud, terus beronline aja biar ada manfaatnya, sekalian saya mau belajar bikinin blogs atau web. sukses selalu.
    B.N.

  7. aku di kapal Ms.Oosterdam mas, aku cuti panjang dari mei kepotong ramadhan jadi oktober rencana brangkat lagi,..ya aku pakai wordpress gampang mas tinggal sign up aja http://www.wordpress.com. kalau mau tahu di mbhag google cari cara belajar wordpress atau ke forum wordpress aja..kalau ada apa2 tanya aja ma aku boleh aku juga sambil belajar juga nihh salam buat keluarga ya..

  8. mas bambang kemarin di dept apa, terus kalau sgot dan sgpt cara penyembuhannya gmana harus berapa lama nunggu?

    • bim kuncoro says:

      askum mas agus klo q bru lulus sma klo bleh tau gmana enak nya ya mau ljutin scolah kapal pesiar perhotelan mna yang bgus ya mas tlong q di ksih saran mas cos q msih mnim bgt pgetahuan q ttg bidang ituh dah q pgin bgt swatu saat bsa kja di kapal thakzz mas

  9. Anggara says:

    Pak…. mo tanya,…. “apa sdh ada agen di Indonesia yg merekrut crew IT (Informasi&Teknologi) tuk di kapal pesiar….? 🙂 thank’s…..

  10. Darussalam says:

    Mas agus numpang nanya niiii

    Temenku Gagal di medical test di Rs Purimedika karena darahnya positif Hbsag alias hepatitis b,,padahal badanya sehat,dan bahasa inggrisnyapun jago bgt,mas itu air kelapa muda yang di rebus dan diminum 12 jam sbelum test medikal apa bisa menegatifkan Hbsag dllm darah juga ? mohon pencerahan nya mas agus,dan kalau cewek di sbi apa harus D3 ? banyak kah crew ceweek aasal indo di kapal hal ? terimakasih

    • air kelapa muda itu hanya untuk membersihkan bekas rokok atau alkohol itu pengalaman banyak orang, tapi kalo hepatitis B mesti terapi terus ke dokter ahli, sama dengan dialami teman aku juga…semoga teman kamu cepat disembuhkan sayang banget b.inggrisnya udah bagus..
      info lowongan kerja lengkap dengan syaratnya ada menu di side bar :
      Waitresses code (WF)
      Requirement:
      Minimum D1 in hotel school.
      Age between 21-35 year old.
      Good command of English is a must.
      Guest service oriented.
      Minimum 1 year working experience at qualified international restaurant.
      Nationalities Indonesians

      Di Hall recruit cewek untuk waitress baru tahun2 ini..aku tidak tahu kalau banyak/tidaknya karna aku baru pulang dari kapal nih,..aku saranin kalau untuk cewek yang minat harus yang kuat mental..soalnya berat godaanya dan kerja disana…anyway good luck

      • oeta says:

        klo di purimedika seperti itu, klo masih ragu cek di rs lain dlu ap benar mengidap hepatitis, karena di purimedika pgn uang aj biar medical berkali-kali, pnglaman ini sempat kena ke kerabat dan ayah ku jga…

      • Fadilah says:

        mau nnya ni gan klo berat badan ngaruh gk sama persyaratan kerja di pelayaran ??
        ap ada ketentuan berat badan.a ??

  11. yudhi says:

    bang tolong donk, saya pengen bgt gabung k HAL,, cz cita2 saya mw kerja dsn.. ntr kasik kbar ya.. klo da lowongan…

  12. lukhysahmil says:

    sorry !! ikutan nimbrung nih nanya klo vessel dan lido itu artinya apa sih? and saudara agus dulu waktu naik kapal t4nya bekerja, dari indon atau di luar trus biaya sendiri apa agency thanks for ur reply

    • Vessel / ctuise ship artinya kapal pesiar. Lido itu Restoran dengan style buffet menu, semua crew dari indonesia dari agency SBI bisa lihat di postingan terakhir ada alamat dan situsnya dengan biaya sendiri.

  13. maria says:

    mas agus… maaf aku mau tanya deh…
    aku kan mantan pramugari…
    kayaknya aku tertarik bgt kerja di kapal pesiar…!
    untuk melamar… perlu sertifikat english course yah?
    trus minimal D1 yah untuk waitresses? kalo misalnya lulusan SMU?
    tapi punya Certificate job experience misalnya jadi waitres. bisa ga yah kira2?
    yang menentukan utama marlin testnya itu yah?
    makasih mas agus… 🙂

  14. Agus says:

    Ya mbak kalau untuk di HALL min D-1 dan sertificat b.inggris dan pengalaman kerja syarat utama di HALL. pengalaman pramugari kayaknya cepet di terima lho..coba aja apply ke sbi. kalau untuk marlin tes nanti di tesnya di cikarang..oke tetap semangat..

  15. joni setiawan says:

    selamat apaq aja mas agus. sy 20th lulusam dari sekolah kapal pesiar d’jogja. sy itu masih bingung mas . saya mau tanya ditangan kiri saya itu ada tato yg sy tanyakan masih bolehkah untuk daftar di holland atw dikapal2 pesiar laennya krn rencana sy hbs lebaran mw nglamr d SBI.thx mas agus………

    • Agus says:

      no problem bro langsung aja apply temen gw juga banyak tato lagian gak di buka baju ketika di interview 😆

      • joni setiawan says:

        oooow jd gpp boz lha nnt pas medical jg gpp kang ?

        • Agus says:

          gak apa2 bro, tapi tahu kan medical cek up itu bener2 general ceck up, berhenti aja rokok,atau bersoda kalo suka minum alkohol lebih baik berhenti aja bro, syukur2 bukan tukang mabuk 😆 good luck bro..see u on board

  16. asep saepulloh says:

    saya llsn thn 2000, bhs inggrs tdik lancar, penglmn hotel tidak punya, modal pas2san apakah mungkin saya bisa bekerja di kpl pesiar

    • Agus says:

      Gak ada yang tidak mungkin bro, coba lihat di blog gw ada tuh banyak syarat2nya, menurut gw lo meningan apply posisi deck atau sailor..

  17. blogpopuler says:

    Tipnya bermanfaat sekali, siapa tahu kelak kerja dikapal pesiar

  18. noego08 says:

    kang, gmna caranya tampilin translate tuh?? mhon bantuannya yah.. makaciii…

    • Agus says:

      caranya pasang google translator :
      sudah tahu kan kodenya dari mas samudro, bro cuma cara detilnya aja kan gini:

      Masuk ke Dashboard
      Lihat di Design/tampilan kemudian pilih widget
      cari sidebar TEKS HTML, nah di sidebar itu kode translatornya di paste kan .
      terus SAVE, lihat udah jadi belum coba satu kode aja dulu.

      Catatan : yang tulisan merahnya jangan lupa ganti dengan url bro. oke

  19. Tips Karir says:

    wawancara dengan principal luar negeri biasanya bikin deg-degan.

    kita perlu cukup istirahat sebelum wawancara, supaya bisa menjawab pertanyaan dengan tangkas.

  20. Agus says:

    yup, masukan yang mantap..

  21. cahganteng says:

    mas kapan join di HAL n berapa gaji pokok mas agus pas join pertama di HAL sebagai GPA HK?
    coz ada temenQ udah kelar dari ms niew cikarang and udah dapet kontrak n jadwal sign in 10 january 2009 di noordam,, dia bilang dari rincian gaji nya $178 + overtime $1,sekian + uang service (gratuity kali ya?),,segitu gajinya ya mas (kok sithik ya? 😀 )?

    nek sekarang mas agus wis dadi CBS?
    semoga ntar karirnya terus meroket dan bisa jadi spv ato mungkin chief housekeeper,,
    salam kenal n maaf banyak tanya

    • Agus says:

      Join skitar oktober masuk kelas dulu 1 minggu tuk promot cbs mudah2an lulus..amin, waku aku di GPA-Hk salary sedikit $500 /month kalau ditambah kerja sampingan aku sampai $700 tapi tergantung orangnya kalau rajin kerja sampingannya alias macul bisa 1000 dollar, jangan kaget gaji kecil ini tuk cari pengalaman dulu jangan salah di kapal putih / royal carribean atau yang lainnya sekitar $600 di kapal putih tuk karir lumayan boyot 5 step baru bisa naik CBS/Cabin steward untuk Di HALL 1 tahun bisa jadi CBS, ya ini pengalaman aku dan temen2..tapi ingat faktor lucky no 1 dan yang paling penting Berdoa dan tekun disana kita harus bisa kerja yang paling penting lagi kalau pingin cepat di promotion kalau kerja gak boleh hilang harus stand bye di section nanti sfv seneng lihat orang yang rajin,pokoknya siapapun bisa kok..jangan terpengaruh oleh orang lain semua kerja di kapal dari nol dulu..pokoknya seneng bisa jalan2 kalau kita suntuk..nanti kalau jadi CBS gaji $ 1800 / lead cabinsteward 2300 ya sekitar segituan..ni tuk penyemangat aja yang cari kerja di kapal..

  22. Pingback: Bagi teman-teman yang ingin berkarir di Kapal Pesiar « Kang Agus Weblog

  23. HILMAN says:

    hallo mas Agus,salam kenal…sy mau minta saran,saat ini sy sedang bekerja di salah satu hotel bintang 4,karena sudah terlalu lama saya bekerja,saya pengen mencoba melamar ke kapal pesiar,sy lulusan D1 perhotelan,sy pernah kursus bahasa ingris juga ada sertificate ( tapi belum terlalu bisa bahasa inggris ),sy pernah training jg di beberapa hotel ( magang ),gmn ya mas Agus caranya,apakah sarat2 sy sudah memungkinkan siap tp bahasa inggris sy kurang,minta petunjuk…thanks

    • Kang Agus says:

      WAH ITU YANG DI CARO AGEN SBI CEPETIN AJA MELAMAR KE SBI JAKARTA, UNTUK HOUSKEEPING B.INGGRISNYA GRADE ELEMENTARI TAPI KLO CABIN STEWARD LOWER INTERMIDITE, POKOKNYA JANGAN TAKUT2 MAS SBI TRANSFARAN BANGET..KLOPUN GAGAL DIKASIH KESEMPATAN 3 KALI, BAGIAN APA DI DI HOTEL?

  24. Elsye Damayanti says:

    Kang Agus, aku berminat sekali kerja dikapal pesiar. Kalo aku lulusan S1 Bhs jepang, tapi punya pengalaman 1 tahun kerja di hotel sebagai waitress apa bisa masuk ya. Coz ijazah D1 perhotelanku hilang, jadi kalo ijazah perhotelannya gak dilampirkan bisa kan? Trus TOEFL certificate perlu dilampirkan juga ya? min scorenya brp? thank you untuk infonya. GBU 🙂

  25. antonius mar says:

    hallo mas agus,mau tanya nih,gua lulusan informatika S1 tp pernah dan punya sertifikat training housekeeping 6 bln di hotel bintang 4. Bhs Inggris saya mampu. Bisa ga nglamar di HAL sebagai GPA-HK? kira2 kapan ya ada walk in interview HK lagi? kira2 gaji pertama HK berapa per bulan?

  26. Daniel says:

    Mas aku dpt panggilan untuk posisi florist,pertanyaannya.
    1. B inggrisnya level intermediate bisa ga?
    2. Gaji awalnya berapa yah?
    3. Interview pertama biasanya mengenai apa ya?
    trims bfore.

    • Kang Agus says:

      Mas Daniel maaf saya belum tahu tentang di florist itu kerjanya ngerangkai bunga di kapal pesiar gajinya denger antara $1000 tapi blum tahu persis soalnya saya bukan florist kalo intervew saya gak tahu pasti hapalin aja bunga2 atau tanaman hias dll, b. inggris intermediate yang penting pas interview mutlak mesti pake tenses..jangan asal jawab..

      • Rudy says:

        Kang Agus yang terhormat….lebih baik anda jangan beri angin surga kepada mas Daniel,yang saya tahu dan alami bahwa Florist Indonesia tidak sama sekali dihargai oleh perekrutnya,disini mas Daniel akan di iming imingi yang macam macam,saya tahu siapa itu Mr.Ferry dan Cipto. Sudah banyak korban2 dari tipu muslihat mereka,janji2 di gaji $ 1000 dng jabatan setaraf officer,tp dlm kenyataannya bohong besar!!! kita dihargai sama dengan GPA HK,Mas Daniel hati2 lah sblm terjerumus dibawah naungan Dianthus Int’l,kl florist Belanda digaji lebih dari $ 2000, padahal rangkaian mereka tdk kalah dng orang melayu,tp malas nya no wahid….!!!
        THX atas perhatiannya

  27. joli says:

    mas agus, saat ini sy sdg merencanakan utk kuliah perhotelan dan ingin berkarir di kapal pesiar sbg GPA-HK female.
    1)Sy ingin tau bgmn pekerjaan crew wanita di GPA-HK di kapal pesiar dan bag apa yg lebih baik utk dipilih?
    2)Brp ya estimasi biaya yg diperlukan utk bisa bekerja di kapal pesiar (dari pendaftaran, training, smp med check up)?
    3)Harus bisa berenang ya?
    ^_^ Terima kasih
    Greets Joli

  28. kadek says:

    wah enak ya kerja dikapal,………….apalagi kalu pagulungya kenceng…hahahahahahahahahhahahahah

  29. indra zakaria says:

    mas saya anak kelas 3 sma bentar lagi udah lulus saya pengen kerja di kapal pesiar mohon sarannya…

  30. lukhysahmil says:

    klo deck/sailor gajinnya kira kira berapa ya?

  31. INDRA ZAKARIA says:

    mas saya sma klas 3 mw kerja di kapal pesiar tapi saya tidak tahu caranya.
    bhs inggris saya lumayan

  32. didin says:

    maz marlin tu sbnarnya penting pa g sih maz.thks ya maz

  33. Kang Agus says:

    Buat temen2 pencari kerja di kapal pesiar HAL, mohon maaf saya terlambat menjawab pertanyaan rekan2 untuk pertanyaan rekan bisa di baca2 lagi jawaban saya sebelumnya silahkan baca daftar isi dulu dan baca artikelnya baik itu persyaratan kerja di kapal pesiar cara buat lamaran,gaji dsb..saya sekali lagi blum bisa menjawab satu persatu karena perssiapan kebrangkatan lagi ke Amerika. terima kasih see u on board

  34. joni setiawan says:

    halo mas agus saya dulu pernah tanya soal tatto apa bisa kerja di kapal pesiar. saya masih deg2an entar saya udah lolos tes tapi disana g boleh. masalah nnya ditangan kiri saya ada banyak tatto penuh tapi klo pake baju lengan panjang g keliata n mas gmn mas sarannya ??

    • Kang Agus says:

      kalo bisa hilangkan aja tatonya..temen saya ada yang pakai tato di tangan gak kliatan walau baju pendek..masalahnya klo mas tatonya banyak kayaknya gak bisa deh…tapi coba aja tanya langsung ke sbi

  35. Agung Alit says:

    Trimakasih banyak atas semua nya, semoga bisa ke temu di sana

    kind regards

    agung alit

  36. made says:

    mas bagusan mana hall pa costa?q pnya pngalaman cbs d star cruise..ada saran ga enak y kmana ar ga byak hbisin uang?

    • Kang Agus says:

      wah maf maslah banding2 saya gak tahu..soalnya di costa belum pernah tapi denger2 di costa gajinya euro mungkin bagusan costa itu maslah gaji ya tapi klo di HAL dijamin bentah kerjanya..fasilitas buat crew banyak dan ke HAL ga kena charge untuk tiket berangkt tpi utuk cbs gaji perbulannya bisa lebih dari 24 juta berbulan..silahkan cari info lagi…:)

  37. Fernia says:

    Mantabs nih Kang Agus……kapan bisa ajak kita smua naik kapal pesiar hehe

  38. ronya says:

    ijin bukmark mas.
    mantap infonya nih buat orang2 awam.
    saya doain sukses selalu buat mas yaa.

  39. Rudy Irawan says:

    Untuk semua yang kepingin naik dan kerja dikapal…..
    saya sarankan untuk hati2 jangan sampai terjerumus oleh silaunya sebuah HOTEL NGAMBANG yang menjanjikan sejuta warna dan rasa,yang saya tahu CBS di HAL semakin BOYOT dan digencet terus,karena apa? ada indikasi semua CBS melayu akan digantikan posisinya oleh orang2 dari India,kerjanya mau tahu? dari jam 4-5 pagi sampai jam 10 malam,1 orang CBS harus menangani lebih dari 35 cabin passanger,coba anda bayangkan harus bagaimana bekerjanya? kl kang Agus ini adalah sosok yang menutup nutupi keadaan dirinya,padahal perih,sakit hati dan lelah menerpa dirinya,kt orang gaul Speak Only. Tapi yang lebih hati2 kalau ada info lowongan FLORIST on Board,jangan sekali kali kalian percaya thdp mereka ( Ferry FDM & Cipto T )karena mereka hanya memanfaatkan kita saja dan hasilnya sebagian dimakan oleh mereka berdua,sekali lagi hati2 dan fikirkan beribu2 kali sebelum melangkah. THX

    • Kang Agus says:

      Ada benernya menurut mas rudy tapi sya type pekerja keras dan tidak mendramatisir keadaan dikapal manapun kerja pasti perih klo uang hasilnya cuma pakai poya-poya ATAU MAIN CEWEK disana..klarifikasi: kerja di hal cuma sebelas jam setengah maksimal ngerjaiin guest stateroom 32 itu juga dikerjain oleh berdua yaitu LEAD CABIN STEWARD (LCS) DAN CABISN STEWARD (CBS) INDIA?? mimpi kali justru Indonesia sudah puluhan tahun mendominasi Holland America Line di Seatlle masih di pegang oleh Pak Pauzi Daud dan beliau selalu mementingkan orang Indonesia…Satu Hal Lagi inovasi baru dan lowongan buat perempuan kerja di kapal pesiar yaitu Thamarin dan Lido Female Steward (LFS) yang sekrang sudah bekerja di kapal untuk menggantikan orang2 philipina dan saya merasa bangga mengenai hal itu…dan ini bukan sebagai kepentingan pribadi tapi saya hanya berikan saran,pendapat,pengalaman,pengetahuan terutama bagi yang belum tahu dan ingin kerja di luar negeri kapal pesiar..selanjutnya terserah anda…skali lagi saya hanya share aja…oke!!! mengenai FLORIST sya tidak mengetahui pasti hal itu silahkan cari info lagi yang jelas klo anda tidak ingin tertipu jangan lewat calo dong bego amat..tapi klo pingin cepet terserah anda mungkin ada jalan tikus terserah anda silahkan cari info aja sendiri>>>>>>saya ingatkan lagi klo type pekerja lemah dan loyo udah dech jangan kerja di kapal pesiar…kaya Rudy Irawan..seenaknya aja komen menutupi keadaan apa???baca isi blog ini disitu saya tegaskan terserah anda ini hanya blog share aja…tidak ada unsur saya sebagai calo dan sebagainya…lamar aja langsung ke SBI Jakarta…atau biasanya di koran slalu ada walking interview Bali,Jogya,Bandung baca-baca aja koran oke yang berminat ke kapal slamat berjuang bro…see u on board

      • Leon says:

        Lucu banget baca comment-nya Rudy Irawan, kalo saya pikir ya baguslah ada orang2 seperti Kang Agus yang mau berbagi pengalaman dengan orang2 yang juga ingin bekerja di luar negeri by joining HAL, knapa musti dibilang menutupi keadaan, sebenernya merasa perih, dll? Hehe kayaknya gerombolan sakit hati nih yang bicara kekekekkk

        Anyway, hati2 dan waspada itu harus, but don’t let anyone steal you dreams guys!

      • heri says:

        ga usah kecil hati buat pemula.. terpenting buah bekerja di kapal punya tekat baja punya fisik bagus dan kuat.. terutama skil service.. buat orang indonesia kita pnya nilai lebih.. 1.ramah 2.tahan banting 3.rajin 4.pinter 5.ga crewet 6.mo belajar 7.disiplin 8.rajin mandi, kekurangan kita cuma 1. kalah bahasa n perokok di banding orang india yang cuma cari muka penjilat tukang mabok ma tukang beratem kalo pilipine skil service kurang kalo ada masalah tukang lapor ke cost guard ampe kapal di iket.. crew brazil suka nya mabok crew party besok nya.. ke hospital bikin surat sakit biar dapet libur.. jadi kita (indonesia) pnya nilai lebih ga ush takut tanpa orang kita kapal bakal ancur.. yg terpenting point diatas slalu.. slalu di pertahanin.. selamat berjuang.. banana

      • ferry says:

        salam mas mau tanya masih ad tidak job di kapal pesiar

  40. idrisdll says:

    kang agus saya mau tanya
    untuk posisi controller di HAL tugas nya apa aja ya?
    n tau gak kira2 berapa gajinya?

  41. idris says:

    kang agus mau tanya dong,,
    kalo controller di HAL berapaan ya gajinya

  42. Kang Agus says:

    Yang minat cepet ketrima silahkan kirim pesan ke FB saya add fb saya : age_faldez@yahoo.com
    kita bahas tuntas sampai sukses…

  43. Novie says:

    Wah aku tambah semangat nieh…mks banget kang infonya…

  44. Eva Mendez says:

    Saya sering bertemu banyak crew kapal pesiar HAL ketika dalam perjalanan Hongkong-Jakarta-Hongkong, banyak cerita yang kurang enak didengar ya kang, .. awalnya saya ingin mendaftarkan adik saya ke SBI tapi saya jadi ragu..Banyak crew kapal pesiar HAL pindah ke kapal putih karna sistim & manajemen HAL sudah berubah banyak, lebih kaku dan kerja lebih berat.. crew dipaksa untuk memperpanjang masa kerja karna kurangnya crew pengganti, prilaku sesama indonesiapun suka saling menindas & menjatuhkan, rasism antara bule & asia pun masih jelas terlihat, banyak info yg saya dengar seperti itu kang, apa betul? memang HAL baik untuk anak2 baru terutama untuk kami yg berasal dari daerah, lebih murah juga biaya nya, tapi kalo situasinya seperti itu saya jadi takut adik saya malah kecewa & stress nantinya.. ‘Untuk kang Yoes’, saya juga pernah berbicara dengan salah satu floristnya, 1 kapal kecil hanya 1 florist , tugas florist disamakan dengan gardener, itu saja sudah tidak masuk akal, sistim kerja tidak sesuai dengan apa yang diterapkan di darat, florist indonesia hanya dimanfaatkan kreatifitasnya tapi pendapatan jauh dibawah florist orang bule (indonesia hanya US$900 kalo saya tidak salah ya kang?), sungguh memang perlakuan yang tidak adil, karena setahu saya untuk florist hotel & casino saja di sini nilainya jauuh diatas florist kapal pesiar. Nilai yang menurut saya kurang pantas untuk para pekerja seni & ini sangat memalukan … Bagaimana menurut tanggapan kang agus?karena Saya sedang berpikir2 kembali untuk mendaftarkan adik saya di kapal sungai german saja.. terima kasih kang agus. -Eva-

  45. Kang Agus says:

    Ya betul semua kerja di kapal pesiar bgitu keras baik di HAL maupun di kapal putih semua sama, sekarang tinggal kembali kpada diri sendiri siapkah kita kerja disana? banyak orang yang stress karena under presure dri boss tpi klo kita mampu dan kuat mental terasa betah dan bisa menikmatinya..Mbak Eva emang HAL ada Re-Engenering itu smua disesuaikan deng kapal putih juga..saya tidak akan menyarankan adik mbak atau saudara untuk masuk ke HAL tapi setahu saya HAL mampu mendidik dan mencatak crew yang handal dan banyak perusahaan yang menerima ex-HAL..klo untuk belajar pengalaman dan ilmu HAL tempatnya, masalah fasilitas buat crew smua disediakan company menghargai orang indonesia tapi terkadang mereka keras juga sama kita..tpi smua itu transparan. RASIS semua kapal ada..!! Kesimpulannya Di HAL sekarang untuk di promote / naik jabatan cepat tidak usah tunggu 3/5 thun skrang 1 kontrak bisa naik.. klo dulu harus melewati 3-4 step,,,klo di kapal putih mereka masih 5 step untuk melangkah atau di promote,,,itu setahu saya mungkin ada ynag mu tambahin silahkan,…Florist betul gajnya kecil dan itu bukan punya HAL tapi florist joint perusahaan lain..klo mau karir yang bagus silahkan apply ke Housekeeping Dept, Thamarin,ASL,LFS itu bagus banget..dengan syarat kita bisa kerja disiplin dan rajin..jangan boros bisa dech beliin rumah sendiri..atau yang lain2..itu sebagai option saja..sekarang pilih aja mana yang baik, sebagai referensi aja banyak crew HAL yang betah disana sampai belasan dan puluhan tahun artinya mereka betah..disana. maaf klo jawabny saya tidak puas silahkan cari info ke kapal putih sebagai pertimbangan mbak eva. intinya HAL cepat promote artinya gajinya bisa diatas 20jt..per bulan..good luck

  46. BEWARE….!!! BEWARE…..!!!
    Against any acts of fraud under the pretext of working as a FLORIST on board of the HAL, and they are just using our energy to blackmail their interests (DIANTHUS INT’L), they are very sweet promise but the reality is far different.
    They ( VERRY VAN DEMORTEL and CIPTO TRISNO ) now based in Jatinagor Bandung West Java. Once more AWARE and more careful of all the advertisement for FLORIST ON BOARD.Thank you for your attention

    • Kang Agus says:

      Thanks for your attention Cici Van Demortel : kita terjemahin dari cici seperti ini :
      Awas ….!!! awas … ..!!!
      Terhadap setiap tindakan penipuan dengan dalih bekerja sebagai penjual bunga di kapal dari HAL, dan mereka hanya menggunakan energi kita memeras kepentingan mereka (DIANTHUS INT’L), mereka sangat manis janji namun kenyataannya jauh berbeda.
      Mereka (Verry VAN DEMORTEL dan Cipto Trisno) sekarang berpusat di Jatinagor Bandung Jawa Barat. Sekali lagi AWARE dan lebih hati-hati semua iklan ON florist BOARD.Thank kasih atas perhatian Anda.

      Saya sebagai Blog ini berterima kasih atas segala saran dan kritik terutama yang mengenai info seperti diatas dari Cici Van Demortel..semoga yang minat ke kapal sebagai Florist atau penata bunga tolong sangat hati2 perekrutan tsb, saya tidak paham kalo mengenai florist…sekali hati2 cari agen …lebih cari info sebanyak2nya ya hati2….

  47. Apa kabar kang Agus…..
    Menanggapi dan membaca dari emailnya mbak Eva Mendez,menurut kami para alumni dari angkatan pertama Florist yang belajar di cikarang sedikit banyak ada benarnya,saya baru tiba di tanah air baru 1 mingguan dan saya pribadi sangat menyesalkan atas tindakan atasan kami. Saya tahu persis siapa yang dimaksud oleh mba Eva,memang dia seorang FLOWER ART yang handal dan tidak akan ada habisnya untuk urusan kreasi,coba kang Agus bayangkan,dalam sejarahnya HAL baru dialah yang Florist on board yang dikenal sampai Head Office HAL di Seatle,di Cikarang dia juara pertama dalam hal rangkaian bunga. Saya ingat betul siapa yang memberi penghargaan kepada dia? Mr.Hart Sugartman sendiri dan langsung bilang Welcome to HAL and thank you for Joint with Us. Dalam tempo kurang dari 2 bulan Dia telah dapat merubah suasana kapal MS Volendam menjadi lebih cantik dan asri,bayangkan…dia membuat Mini Garden di area Atrium yang membuat decak kagum para tamu,saya tidak asal bicara karena saya mempunyai bukti dari hasil2 kreasi dia. Saya tahu kenapa dia segera disingkirkan dari jajaran Florist,karena dia hanya menuntut Hak dia yang telah dijanjikan oleh fihak perusahaan dan mungkin atasan kami sepertinya tidak mau tersaingi,tapi apa yang dia dapat? PIN yang menurut saya tidak jelas alasannya. Kami juga merasa kecewa juga terhadap perusahaan kami,padahal didlm peraturan fihak consisioner dan berpangkat officer mendapat cabin yang layak seperti pendahulunya para orang Belanda,tapi apa yang kami dapat? kami hanya bisa diam karena takut akan kejadian seperti the best friend kami. Untuk lebih jelasnya kang Agus dapat bertanya kepada para crew kapal yang pernah di MS Volendam periode 2008. Mudah mudahan dengan mengupas sedikit dari masalah ini kang Agus tidak lagi berfikiran negatif terhadap dia,yang saya tahu kbr terakhir dia sekarang bekerja di UK sebagai expert florist dengan gaji yang didapat 3000 pound dan memboyong serta keluarganya.Semoga apa yang teman saya telah lakukan adalah semata mata demi kebaikan perusahaan kami,dan dari hasil kreasi dia talah HAL standartkan sebagai rangkaian untuk di Cabin Passanger dan Dinning Room. Thank You my friend….you are the BEST ( maaf kang cerita ini hanyalah baru sebagian saja,apabila ingin yang lebih detail kang Agus dapat membalas dalm blog ini )

  48. Kang Agus says:

    Terima kasih banyak masukannya dari Atas nama FLORIST ON BOARD saya merasa prihatin dengan cerita sperti itu smoga tidak terulang kpada calon2 baru florist. skrang banyak masukan seperti itu jadi harus dipertimbangkan dulu guys..maaf saya tidak tahu peris tentang crew florist..kalau masalh housekeeping saya tahu banget smoga para candidate florist memahami pengalaman2 mereka dan dijadkan pelajaran..so up to u guys you can make choice..klai lagi mksh share nya ..a/n Florist on Board

  49. Iwan Wardana says:

    Wilujeng weungi kang Agus

    Maaf saya mau tanya tentang florist didalam kapal pesiar,kebetulan saya juga bekerja sebagai florist di salah satu hotel diJakarta. Saya coba2 membuka situs internet mengenai info lowongan kerja dikapal,setelah membaca beberapa artikel yang ada,saya jadi takut dan ngeri juga ya? kang Agus apa betul keadaan florist dikapal spt itu? khususnya di Holland American Line? saya sebenarnya minat sekali bekerja diatas kapal karena itu cita2 saya dari dahulu,bidang saya perhotelan dan keterampilan saya di florist.Kang Agus bisa kasih saran apa yang harus saya lakukan? adakah lowongan kerja sebagai florist dikapal lain selain di HAL? saya sudah beberapa kali membaca iklan di KOMPAS atau di internet yang isinya banyak membutuhkan florist,melamarnya di SBI,terimakasih dan saya minta saran dari kang Agus.

    • Kang Agus says:

      Kang Iwan setahu saya waktu kerja di HAL florist kerja nya sendiri gajinya $900 misalnya kalo kang iwan mu ambil silahkan tinggal melamar ke sbi, klo melamar ke kapal lain saya belum tahu kang saya sebatas di HAL aja itu juga kalo masalh Housekeeping atau Hotel persis saya tahu banget…saya tidak punya saran supay ke HAL atau tidak teserah akang aja..sudah di baca kan komentar rekan2 kita yang pernah kerja disana..kembli kepadi diri akang aja ya..mohon maaf klo jawabnya kurang memuaskan..

      • Maaf kang Agus,saya boleh tanya lagi? untuk Florist gaji yang $900 itu baru basic nya saja bukan? trus fasilitas2 yang saya dapat nanti apa saja? sebab saya mau pertimbangkan dengan tawaran Florist yang di Dubai dengan basic salary yang saya terima $800 itu blm dengan service charge dan lain2nya,gimana menurut kang Agus? Terimakasih atas sarannya,Iwan Wardana

        • Kang Agus says:

          Maaf Mas Iwan saya dapat info $900 itu juga dari temen yang lg kerja di kapal sebagai florist jadi tidak tahu itu gaji bersih atau bukan..

          • yanie says:

            mlm kang…sy bru liat nih coment km tp sy interest bgt n pengen bgt krj d HAL, sy byk pengalaman tu byk d waitress tp sy pengen on board cma gk pede’y b.ingg pas2an, agak gemuk c klo kira2 bwt ptama x cwb sbgai house keeping dlu bsa gk ya kang……mhon info kang mksh

            • Kang Agus says:

              mnurut akang sih kalau pengalaman di waitress kamu apply ke lido steward aja atau bagaian restaurant biar tersalurkan pengalamannnya
              bahasa inggris pas2 an gk apa yg penting pas di interview kamu bisa jawab dg baik,,,gemuk ga masalah

  50. andika nur rohman says:

    mas ne aq taruna di salah satu skolah pelayaran negri

    kpinginya sh jdi cadet d hall gimana ya caranya ?
    biar bz blajar smbl jalan 2 gto

    denger2 uang saku bwt cadet dsto 800 usd y?
    tolong d bales k facebook q ja

  51. Ruang Hati says:

    Wah infonya oke banget,perlu dibaca nich minimal bisa kasih info buat yang kebetulan membutuhkan….
    Enak yach kang Agus bisa keliling dunia naik kapal pesiar, daku juga pingin banget bisa pesiar apalagi kalo sampe ke Yunani. Bisanya cuma liat di TV he..he…
    Tapi mudah-mudahan dech

  52. Kang Agus says:

    wah bangga banget blog ku dikunjungi yang punya Ruang Hati salah satu favorite site saya..saya seneng banget klo berkunjung ke ruang hati banyak info dan banyk gambar lucu..favorite judul baru dri ruang hati yang judulnya Setiap haru jumat pasien meninggal di sbuah rumah sakit ternama..

  53. amiiko says:

    infonya sangat bermanfaat banget nih….awalnya semangat cari kerja di kapal kang…eh skarang kok dag dig dug yah ahahhaha

  54. Fahmi dewanta says:

    thank’s atas Infonya….moga2 aja karirnya mas agus trus melonjak…trus kira2 dana yg harus kita siapin berapa ya?by the way,kenal namanya FARID gak? he is my BROTHER….

  55. m. andri says:

    kang agus saya sangat tertarik sekali untuk bekaerja di kapal pesiar.

  56. dony says:

    Mas klo mata sebelah kanan kabur 90% bisa ga ya kerja di kapal pesiar ? tapi sya dah pglaman hotel di malaysia n dubai 4 thn.

  57. yudi says:

    mas agus… bantu yah..
    saya sarjana arsitek..pekerja keras/ bisa MC bahasa inggris pasif bantu dong kemana saya harus ambil jurusan, e mail saya di triwahyudi_jkt@yahoo.com.. bantu ya mas… dah pingin banget nih kerja dikapal pesiar.
    suwun mas.

  58. yudi says:

    oh ya lupa umur 34 jalan masih ada harapan tidak…..

  59. ebleh says:

    Wah2 jadi salut sama kang agus, selain ramah juga tidak segan-segan berbagi ilmu… Terimakasih kang infonya.. Sukses selalu dan tetap semangat…..

  60. agus says:

    mas kalo umur saya 34 gak ada pengalaman/ketrampilan bid pelayaran apa masih bisa kerja di kapal pesiar

  61. EX - Florist aja says:

    maaf sebelumnya, saya mau sedikit meluruskan. bahwasanya apa yg sdh di ceritakan memang betul baik dr yg mengaku cici maupun lainnya. utk fasilitas it’s true memang hanya itu yg kami terima dan utk kesehatan agak payah klo kt tdk aktif hanya utk pengalaman kerja memang mereka membentuk kt menjadi mandiri, menurut saya biasa saja hanya memang kitanya yg hrs cerdik bos….betul. saya tdk berada di pihak mana pun dan saya Ex Florist HAL. trim’s mas agus moga2 kt bs jumpa di caribean dan anda bs tanya2 ke saya mengenai florist utk tambahan artikelnya, maaf bkn bermaksud sok tahu ya….tempe aja deh yg ptg enyak…..

  62. Melta says:

    sLAm kenal mAs Agus..Q meLTa dari palembang, mau tanya nech Q uda kirim lamaran keSBI untuk bagian waitress.tapi bru bberapa minggu sich Q krim Lamarannya koq belum ada panggilan ya,emang brapa lama biasanya dipanggil sama SBI untk interview???
    Q tau infonya sepupu dia juga uda kerja dsitu..awal februari dia brangkat lgi keamerika!!!ktanya tunggu aja dlu kbar dri SBI,tpi Q uda gak sabar Lgi mas,gimna ya???

  63. denikian says:

    waduh aku ga bisa berenang jadi takut kerja dikapal ^^

    • Kang Agus says:

      wkkkkk ..baru kali ini komentar yang lucu…aku juga gak bisa berenang tenang aja ada life jacket nanti latihan emergency drill dan fire drill 2 minggu skali ….hahhaha….lucu2 tenang aja bro…tapi untuk jaga2 latihan renang aja dulu heheh

  64. Fernando says:

    mas kira2 gajinya berapa sebulan?

  65. dodo says:

    Dear Mr. Agus..

    My name is dodo, and i am 30 years old.. i come from jogjakarta..
    first of all i’d like to express my thanks to you that u have built a bridge for those who want to work in a cruise ship ( HAL in this case ).. U have shared so many great-great tips on how to win the interview and many deals following..
    I have been accepted by HAL in the month of September 2009 and declared fit from Dharma Nugraha by the same month and done with all the documentations required such as BST, Seamen Book, SID, Sea Pasport, Even done with the Visa Payment (but not yet done the interview – Cause they are anot yet givin me space to be trained @ Ms. Niew Cikarang) I have been waiting for almost 8 months till today, February 26, 2010, JUST TO GET CIKARANG CLASS.. yet now i still on vacant – with no confirmations from sbi staffs..

    Having Marlin Score of 87 it has exactly correct to my position i applied for, thats ASL with other following satisfable score at the moment i passed Cikarang test by September 2009.. I do really wish to have class sooner.. as every month i come to SBI sudirman only to ask them when will i be having a class in cikarang and sometimes trough phone call to SBI – with all are zero results!..

    I just dont know what had happened to SBI and Ms. Niew as they always open new interview to new applicants. All i am doing now is just wait and wait and wait.. and of course i wont be allowed to know what’s the real problem i am now having so they givin me such hard time or may they have some internal problems..

    In your opinion,.. what should i do to be heard by them ( SBI/HAL ) ?
    i did all my best for it and now as i really wait for the class i have to wait for almost 8 months to have class.. is it normal?

    I was a head waiter in my previous job position in St-Moritz Restaurant in Dubai, United Arab Emirates for 3 years and having also 1 year diploma of Cruise ship school certificate along with my 1 year English Conversation Certificate as well..

    your help will be very much appreciated to settle this things out for me.. whetter should i remain standing still for HAL or should i leave..

    Once again.. thank you very much for the honest reply from you and wishing u the very best time ever on your work and your life..

    Best Regards,

    Dodo

    • Kang Agus says:

      I really happy to read your comment, just waiting brother be patient dont worry sbi never lie …you can call any time to sbi to make sure or u can come to agent sbi….i hope you will joint with holland american line right away….good luck sorie i am still working its very busy i am in mexico now…see u brother good luck

  66. achmad sofyan says:

    mas rudy pengalaman sy di fb pernah kerja di Angola sbgai cook 1 thn tp sy jg punya pngalaman bar captain 4 thn di sebuah club di jakarta selatan.saya prnah mencoba dimeranti dan beberapa agen lainya dengan ijasah smu ngak tembus, dan skrng sy mngikuti lmbaga NHS international school of hotel and cruise line management, memang dosen saya semua dari costa magica tp karna terbentur uang jd sy stuck dan tidak bs melanjuti lg,sy hanya ingin mendapatkan ijasah D2 international from National hotel school jakarta agar lamaran sy bs diterima karna cita2 saya kerja dikapal pesiar.
    oh yah saya dpt kerja didarat dicanada but hrs deposit duit dl sebesar 15 jt after visa turun byar lg 25 jt agenya Avcojaya Manunggal saya minta saran sama mas saya harus bagaimana? klo sy kehilangan duit 40 jt bs stress saya mas thanks yah mohon dibantu

  67. erwan says:

    assalamualliku wr wb.

    Maaf mas saya mau tanya, kalau saya pingin berlayar..dan saya baru membuat sertifikat BST, Buku Laut ama Paspor….saya pingin banget berlayar, bisa ga mas ga pakai sertifikat perhotelan kayaknya mahal2 biayanya…saya pingin tau mas gimana ya…biar bisa berlaya tampa biaya lagi…
    terima kasih..

    erwan susanto

  68. asramayan says:

    MAs saya sangat ingin bisa berangkat kapal pesiar tapi kemampuan bahasa yang saya miliki, membuat saya kurang percaya diri.
    dan saya mempunyai pengalaman bekerja 1,5 tahun di hotel bintang 4…

  69. williams says:

    Mas saya tinggal marlin test nih, udah download soalnya amit susah banget apalagi bagian angkanya.Terus yang bagian pertama listening aku juga pusing ituloh yang di suruh cari kata yang bener, tapi ko ujungnya malah di suruh cari akta yang salah Gimana dung ada tips and triknya. Duh dikit lagi nih

  70. ruli says:

    mksh mas atas ulasannya tentang cara kerja d kapal pesiar, dulu saya pernah minat kerja d kapal pesiar tp krn ketidak tahuan caranya gmn akhirnya kerja k taiwan,,

  71. kadek wi says:

    mas Agus,thanks atas semua informasinya. saya sudah baca banyak teteng tri2k nya dan semuanya yang ada di kapal pesiar sekarang saya merasa semangat, bermamfaat dan sangat berguna bagi diri saya. apalagi saya ada rencana mau ke kapal pesiar, sekarang saya harus sabar, sambil mengumpulkan data yg harus di pelukan untuk keperluan itu. skrg saya umr 20 thn, pi masih bayak persyaratanya lum ada, mumpung ada kesempatan saya coba berusaha dapatkan itu. do’a in sya ya Mas Agus dan temen2 biar bisa ketemu nanti disana.
    I just say thank you so much to mas Agus. has gave us much informations and experience. I hope Mas Agus always more succes,& good Luck!!!!!!

    • Kang Agus says:

      amiiin…mks kadek doanya dan komennya saya merasa seneng klo blog ini bisa membantu skdr share aja ma teman yg minat …smga kita bisa bertemu di kapal pesiar nanti …

  72. Rodhy Antonioli says:

    kang agus,kasih tips dong untuk yang bagian crew kitchen. suasana kerja di kitchen kapal pesiar seperti apa?

  73. Silah Tjahjadi says:

    Salam perkenalan,
    Bagus sekali anda telah berbagi pengalaman, dengan memberikan tips-tips untuk memudahkan mendapatkan pekerjaan di HAL.
    Saya sdh resigned enam tahun lalu, kapal terakhir Zuiderdam, sebagai Head Steward di DR.
    Selamat bekerja yang rajin, disiplin, dan mempunyai motivasi yg tinggi. sy sekarang menjadi pengurus dan staff pengajar di The Puncak Hotel Institute (PHI), untuk berbagi ilmu dan pengalaman, sudah banyak alumni yg sdh join dengan HAL.
    Selamat berjuang.

  74. ilham says:

    enak jalan keliling dunia begitu mas?

  75. anca says:

    saya akan tes medikal di puri medika tapi saya khawatir tidak lulus di pemeriksaan gigi karna ada 4 graham belakang saya sudah hancur tinggal akarnya saja karena dulu sering makan cuka bagaimana saran kang agus saya lanjut apa tidak, terima kasih

    • Kang Agus says:

      HEHE…sobat tenang aja nanti juga diperbaiki ma dokter gigi bawa uang aja soalnya klo ada gigi yg rusak atau di tambal harus pakai uang sendiri..klo masalh gigi ga masalh tenang aja yg pnting kesehtan jg samapai kena contohnya darah tinggi,hiv,hepatitis klo kmu dinyatakan unpit gak bisa berlayar…tenang aja bro oke

  76. Bledek says:

    Salam kenal mas…
    aku mau minta informasinya nih…
    aku pengen bgt kerja di kapal pesiar,cm backgound aku cman highscool.tp pengalaman kerja di airlines sebagai pax and baggage handling udah 6thn. kira2 ada nilai plusnya gak ya mas utk bs sedikit lbh gampang diterima kerjanya di kapal pesiar ini..Kl blh tau tolong bantu caranya apply online dong..

  77. andee says:

    good…suka bgt dikpl…enkan didarat

  78. pluma says:

    salam kenal mas. mas.. mhon bantuannya ya.. link anda sudah terpasang di blog saya. backlink ya…

  79. livefreez says:

    mantap ini, bisa keliling dunia hehehehe

  80. Fuad says:

    dulu awal berangkat,habis berapa juta bos,rinciannya untuk apa aja..trims 🙂

  81. andre says:

    Mas agus, mau tanya. Apa aja sih yg di tanyain di interview test. gw takut nih ga bisa jwb soalnya bhs inggris gw kurang….and apakah cti group i2 terpercaya dan gimana caranya bisa masuk ke holl cruise???? thanks kang

    • Kang Agus says:

      interview pertama di sbi biasanya introduce yourself / perkenalan diri pengalaman bekerja telling picture contohnya kamu diliatin gamabr kota atau piramida di mesir harus bisa nerangin nanti stelah lulus di agen sbi kamu di interview di cikarang sama tes marlin..yang penting jgn gerogi grammernya pakai..jangn asal jwb …oke

  82. shalimow says:

    ooooh gitu ya
    makaci infonya mantab juragan

  83. coky coky says:

    di kapal da Mushala gk Kang? khkhk…” ibadah nya gmana y??

  84. dhian jegeg says:

    I love it n the biggest goal of my life….

  85. tomi says:

    Assalamu’alaikum….

    Mas Agus, maaf sy mau tanya 🙂
    apakah sebelum kita mendaftar bekerja di kapal pesiar,
    kita harus sekolah singkat di STIP jakarta untuk mendapatkan
    buku pelaut, sertifikat BST, paspor pelaut dsb?

    Terimakasih

    Wassalamu’alaikum….

    Warm Regards,
    Tomi

    • Kang Agus says:

      sebenarnya buku pelaut atau dokumen nanti aja di agen sbi skrang yang penting apply dulu syrt2nya di lengkapi baca lagi blog ini ada syrat2nya kok oke good luck

      • tomi says:

        terimakasih banyak mas Agus atas balasan dan informasinya 🙂
        menurut mas Agus untuk buku pelaut dan dokumen lainnya nnt aja wkt di agen sbi kan.
        bgm dengan sertifikat2 pelatihan lainnya spt BST, dst? apakah musti ikut pelatihan di STIP untuk mendapatkan BST dsb?
        kira2 sertifikat apa aja yang harus sy punya sebelum mendaftar di agen sbi?

        Terimakasih 🙂

  86. joy feri says:

    kang,,kalo ingin melamar kerja ke cruise ship apakah ada pelatihan terlebih dahulu untuk tata bahasa kita????

  87. Ghilman says:

    Hello
    Mas agus SALAM SUKSES !!!!

    Mau tanya kalau gaji kerja di kapal pesiar jadi Housekeeping pemula
    Itu berapa gaji nya ???

    Thnx …

    • Kang Agus says:

      tuk houseman 500 dollar tuk yang dah di promote jadi cabin steward lebih dari 2000 dolar..klo di promote jdi Lead cabin steward 2300 dolar ,,,

  88. Tomi says:

    mas agus, klo kita belum punya sertifikat hotel dan pengalaman hotel bagaimana?
    sy lulusan s1 teknik informatika, apa kiranya ada tempat yg sesuai dengan jurusan sy untuk bekerja di kapal pesiar?
    atau sy mesti kursus perhotelan dulu dan dapat sertifikat hotel dan pengalaman hotel?

    terimakasih

  89. windi indar says:

    wah mau tanya kang agus.klo saya gagal si sbi bisa ngulang nggak?? trus klo banyakan pagulung emng kenapa mas?? caracepat dapt promosi gimana?? nuhun kang

  90. Rave says:

    ummm.. seru juga kayaknya…

    tapi mau kritik nih mas. Bikin kalimat di blognya jangan kepanjangan donk. Perhatikan jeda. Kasihan yang baca, terutama saya. Hehe…

  91. jati says:

    kang,aku mau tanya,yg kerja dikapal pesiar ada orang kuningnya?(org cina(no rasis))
    trus klo kt mau kerja disana,kita pakai pelatihan pelayaran(misal miami fleet,karna blm ad pengalaman) bisa?

  92. ajib ansori says:

    halo mas saya ajib ni mas pgn nanya soal tesnya mas,emang pertanyaanya seputar apa mas saya punya pengalaman d houskeeping aja mas… saya pengen ke kapal pesiar dari dlu cuma bingung link nya mas.. minta bantuanya ya mas makasi

  93. hani eko prasetyo says:

    makasihhhh bangets kang agus…. untuk tipsnya ! matur nuwun

  94. SULTHON says:

    selamat idul fitri
    mohon maaf lahir batin

    tukar link yuk untuk mempererat tali silaturahmi
    http://www.masmubarok

  95. ade says:

    mas agus,saya pernah interview disbi terus ga2l dimarlin tes,nilay saya kurang,saya suruh balik lg,tp dah ampir 1 thn saya g kembali,karna lg da kerjaan,gimn tuh mas?pa saya masih bisa lanjut?pa harus ngelamar lg?
    mas kl saya mau ganti posi2 dr ASL ke HK gimn?

  96. rendi herlambang says:

    kang agus nu bageur,salam wan0h nya,,hehehehe…sy tmatan SMU tp sy prnh ikut diklat tw pndi2kan untuk krja d’kpal pesiar d’lembaga pelatihan crew kpal pesiar slama 3bln sj,dan udh j0b training 6 bln d’h0tel bntang 5,,tp bhs inggris sy msh rancu.
    Sy cm mu mnta pndapat aj ma akang:
    1.kira2 ada peluang gx bwt sy tuk krja dikapal pesiar?
    2.p0si2 prtama kbanyakan dikapal byasanya p0si2 apa kang?
    3.msalnya udh krja kntrak 2 thn,apa bsa d’tmbh kntrak sampe 5 thn lbh,tnpa hrs pndah kapal?
    Nyhunkn walerana nya kang,da bageur kang agus mh,hehehe..
    Hatur nuhun.

  97. ochie junior says:

    mas monggo di add fb aku yaa…makasi mas

    ochie

  98. ismail sofyan says:

    Assalamualaikum mas agus slm knal yah sy pengen bngt kerja di tempat mas agus sy ada prngalaman kerja di beberapa hotel di jakarta espesially FB department. dan yg jd pertanyaan sy adalah
    1-kmaren kan situ blg ada masa pendidikan slama satu stengah bulan y…?? nah klo ikut masa pendidikan itu bayar apa gak…??? klo byar brp byrnya..??
    2-waktu sampeyan melamar filenya berbentuk microsoft atau mas agus sendiri yg dtg ke alamatnya. mjn dibantu ya mas…..

  99. ado says:

    halo mas agus..ne ado di batam… ku sbnya skrng bingung bgt COZ blm tau bgt ttg kapal pesiar tp januari neh mau ambil BST di CIN/NHS.yg di jkrta selatan tp penddikan 4blnbyr 8jta,biz tuh dibantu masukin ke kapal pesiar.+ ku byr dokument DLL.

  100. yogi says:

    hai salam kenal aku tertarik kerja di kapal,dan bagaimana cara bkn surat ijin dari kelg?yogi thanks

  101. Astrid says:

    Mas.Agus
    Saya ada teman yang bekerja di kapal pesiar tepatnya di HAL.Dia bagian LDY kira2 gajinya berapa ya klo di bagian itu?…..cos klo saya tanya gaji n kerjanya dia gk pernah maw kasih info. thanks

  102. dohar says:

    Mas Agus saya lulusan S1 yang tidak ada hubungan dengan perhotelan maupun pelayaran dan sekarang umur saya 32 tahun, bahasa inggris saya pas-pasan.
    Saya sangat tertarik coba tantangan baru bekerja di kapal pesiar apa saja.
    Kira-kira ada ga ya mas peluang buat saya bekerja di kapal pesiar dan saya pasnya dibagian apa????
    Tolong bantuan dan informasinya dan apa yang harus saya persiapkan
    Tanks mas Agus…

  103. yulian says:

    bro kalo gua boleh saran sepertinya dijelaskan hanya bagus2nya saja, gua komang dari bali 2 thun di HAL sebagai daining romm dan karang gua join di royal carribean….
    kenapa saya pindah dari HAL karena gua leat boss,manager and superpisor dari indonesia sendiri kurang professional dalam bekerja,lebih cendrung memakai urusan pribadi sehingga saling menjatuhkan antara orang2 indonesia di HAL….
    yang paling menjengkelkan ketika banyak penjilat yang ingin mendapat promosian….
    saran gua kalo lho ga pengen jadi penjilat ato bencong lebih baek pergi dari sana…

  104. Samuel says:

    tapi kalo yang mabok laut gimana tuh yah mas..???? hahahahahaha

  105. ok makasih ya mas … tapi saya jurusanya akutansi jadi gak bisa di kapal pesiar ..xixixixixi

  106. kalau di kapal pesiar kira kira gajinya berapa ya perbulan ..???

  107. aries says:

    Tipsnya bagus mas..slm knal..Buat temen2 yg mau kerja di kapal pesiar asing tapi msh bingung juga, silakan cek ke situs saya yah…Best regard

  108. keren.. semoga bermanfaat.

  109. wah asyik denger2 kerja di kapal pesiar duiatnya dollar tebel . anyway terimakasih sharing informasinya

  110. suradi says:

    matur nuwun banget kang atas infonya

  111. rizkytriana says:

    kehidupan di laut itu gimana si kak? untuk ibadah masih bisa istiqomah ya? kalo pake jilbab boleh? “menakutkan” ga? hehe.. tapi seneng banget ya bisa melihat ciptaan allah laiinya..

  112. deny says:

    can you explain me how to making bed ( as a room boy)…thanks before…

  113. BUDI SETIAWAN says:

    MAS AKU UDAH PUNYA SEMUA SYARAT UNTUK NAIK KAPAL PESIAR BST & SCRB DAN KEMAREN UDAH IKUT INTERVIEW TAPI NASIB BELUM BERPIHAK APA HARUS PAKE UANG MAS THANKS

    • Kang Agus says:

      Budi : sabar aja klo budi melamar ke HAL klo gagal bisa apply lagi dikasih kesmpatan 3 kali maslah harus bayar lewat belakang saya belum pernah mas..berdoa aja trus berusaha sambil nunggu panggilan lagi sambil kerja di indo

  114. rie says:

    asa inget film Titanic

  115. Dimon Haliwela says:

    wahhh…thx a lot bro….u r very kind person. it’s so rare to have friend as kind as u bro Agus.
    yeah..kira2 gtu lah englishku hehehehe maaf yah klo ada yg slh…..saya ada rencana kerja di HAL maka dr itu saya barusan ngmbil BST n ngurusin paspor n seaman book n dah siap saya masukin/nglamar ke HAL, soalnya saya punya pengalaman kerja di 4 star hotel n saya punya ijasah english course…kira2 ada yg kurang ga tuh bro….again thx a lot for ur share 🙂

  116. berkah says:

    selain akomodasi perhotelan apa bsa boga ,busana,dan kecantikan rambut ma kulit
    bekerja di HAL
    ?????

  117. widi says:

    thanks buath tips na mas bro,,,tpi satu prtanyaan saya, apakah mungkin anak lulusan sma bisa diterima,,???

  118. Putu B says:

    kang… marlin test itu apa ya? bisa minta tolong dikirimin linknya? cos saya browsing-browsing internet susah banget carinya. kalo bisa tolong di send ke email saya di putu.brandona@gmail.com

  119. Herli says:

    sekedar info..pacar aq jg kerja di HAL..
    semangat……..

  120. dewasetiawan122 says:

    mantap postingnya mas

  121. rudi says:

    tidak ada yg menyenangkan

  122. rains says:

    mas minta info mengenai medical cek up apa aja yg di cek. tks

  123. Rasta Fara says:

    kang …gmn perasa’n wkt berada di kapal pesiar…apa yg ada di pikiran kang agus????

  124. Indra says:

    puri medika bisa di sogok ga sih kang, pusing saya ngehadapinya ???

  125. dado says:

    aku pernah kerja di restouran tapi 3 th yang lalu kira2 aku kerja 2 th aku kerja sebagai waiter lalu naik ke bucher dan food checker lalu aku keluar dan karna ingin kuliah lalu aku kuliah sambil kerja di toko buku agar jika aku perlu buku aku bisa kerja sambil belajar alhasil aku kerja 3th dan aku akhirnya lulus sekarang aku berhenti kerja karna termotivasi dengan teman ku yang kerja di kapal dan sekarang aku berfikiran bisa kerja dikapal agar aku bisa kerja internasional di luar negeri apalagi kalo aku punya visa amerika mungkin gampang kali yah aku kerja diluar negeri apalagi sambil menyelam ngencing dicelana alias sambil kerja trus nyari kerja lagi diluar negeri sambil nyari isri pula hehehe… tapi apakah mungkin aku cuma lulusan LIA grade ELEMENTARY trus lulusan restoran 2 tahun dan kepala counter 3 th pakah bisa saya kerja disitu padahal bacground ku beda bangat dan english ku gk begitu baik apakah aku bisa kerja di kapal pesiar dan mewujudkan cita2 ku… ku mohon saran nya thks…..

  126. heave says:

    hy.. bg aku baru baca ne postingan abg,,..
    kalo kerja d pesiar jdi apa aja sighh..??
    bsa jelasin ndak,,,

  127. mas izin share ke blog aku ya, terima kasih

  128. INDHI WONNINK says:

    mas agus tahun depan aku berencana ke kapal pesiar,aku lulusan D1 perhotelan bagian house keeping..sekarang lagi bekerja di perhotelan dan sedang kursus bhs inggris,aku keturunan belanda dari kakek aku dan mempunyai marga belanda di nama aku.
    cuma satu problem yang aku miliki yaitu memiliki tato di punggung aku.
    pertanyaan aku apakah masih bisa diterima saat wawancara nanti??

  129. ninin bali says:

    halo kang Agus… anda tampaknya betah banget kerja di HAL.. jdi pengen nyoba,, taun kmren ak sempet krja di louis cruise sbg bar waitress tp cm 10 bln,, pngen tau kalo di HAL ada posisi untuk bar waitress ga? trus apakah kulifikasinya pake tinggi bdn? masalhnya tinggiku cm 155cm,hehehe,,, trus di sbi brpa biaya trainingnya mas? apa uda include makan n akomodasi nya?

  130. sendy valerin says:

    kang saya sekarang kls 3 sma sebentar lg mau lulus,saya ke pengen banget bisa kerja dikapal pesiar tapi b.inggris saya ga begitu bisa.kira-kira nantinya saya bisa ga kerja dikapal kang?

  131. sendy valerin says:

    kang sekarang saya kls 3 sma sebentar lg mau lulus,saya ke pengen bgt kerja dikapal pesiar tapi saya ga begitu bisa b.inggris padahal itu kan salah satu syarat bisa kerja dikapal.kira-kira nantinya saya bisa ga kang kerja disana?

  132. FtnUnu says:

    Tanya dong mas, di mana saya harus pergi ke kantornya langsung? ke kantor HALnya…

  133. Prayoga says:

    Kang, om ane juga kerja di HAL barangkali kang agus kenal namanya Hendra Paturohim. Kalo pendidikan dulu brapa lama biasanya kang ? kalo ada jalur dari keluarga bisa ngejamin masuk g kang ?

    thank you kang.

  134. Edi Cook II says:

    salam mas…?
    mas saya pengan bngt dapat kerja dkapal pesiar itu adalah salah satu cita2 saya waktu ngambil jurusan perhotelan waktu smk..?
    tp sekrang saya suda mendalami dalam kitchen dan ada lah sedikit pengalaman mas.kalau buat cook caranya gmana ya mas untuk mendaftarnya tau mas ada saran g…terimasih ya mas,,

  135. ratry says:

    i want to follow you on onetime

  136. kang agus, tau gaji awal buat di posisi HK steward..?? saya skrg dtrima dikpal costa, baru lulus interview..

    thanks kang agus, cz crita dri sana-sini masih simpangsiur ttg gaji awal itu, mhon bantuannya ya kang agus..

  137. irwan says:

    kang, saya ada rencana mau coba apply di pesiar…(baru rencana sih)
    dengan kondisi saat ini ga ada sama sekali basic hotel atau apapun.
    status sdh menikah,umur 27thn,skrg kerja di perusahaan retail dah 7 thn sbgai Store Head
    lulusan SMA
    Kira2 masih berpeluang ga ya bisa join di pesiar?
    sebelumnya thanks banget connectivitas dr webnya..sangat membantu….

  138. fitri says:

    Mas tolong infonya kalo gaji bartender dikapal pesiar berapa mas?? masa kerja udah 10 tahun, di celebrity cruise kapanya mercury atau summit atau century

  139. Arief says:

    kang agus kemaren saya dapat panggilan dari PT. Sumber Bakat Insani for position Junior Clerk,kl boleh tau itu tugas ny apa aja y kang?soalnya saya ga punya pengalaman kerja di perhotelan atau perkapalan,pengalaman kerja saya di bank.terus interview ny masih teteppake bhasa inggris kang?soalny maklum bhsa inggris saya masih pasive.hehehe…

  140. mashudi says:

    kang agus…aq mau tanya sdikit ttg pertanyaan2 yg di lontarkan interviewer kpda kg agus sat kg agus interview..karena saya juga lg mengikuti pendidikan jurusan kapal pesiar.dan juga saya ambil jurusan hotel dept.(housekeeping)..tolong beri contoh sdkit pertanyaan apa saja buat house keeping sat interview.(khusus nya HAL)

  141. Heri Irawan says:

    kang makasi blognya

  142. Mas agus, saya mau nanya nich.
    Kalau untuk perwira’nya sendiri gimana test’nya? ?
    Apakah lebih sulit? ? ?
    Terimakasih

  143. oi y k2 gmn shi k2 bisa krj di kapal pesiar mau tau nhi trik ny gmn k2. . . !belum tentu taman sma nhi mau kerj kay kk.. . . .!!???

  144. oi y kk perlu nggk berbahasa inggris berkrj di kapal pesiar. . .!!!?

  145. damaz says:

    makasih buat infonya mas saya lg pendidikan ni

  146. bastian says:

    kang agus tugas junior clerk di HAL itu ngapain ya? dan gaji awalnya berapa? skill test junior clerk itu juga apa?

    • Kang Agus says:

      bagian adminitrasi aja atau kadang ada di bagian controler tapi biagian adminnya
      gajinya kecil 600 atau 700 an meningan ke housekeeping aja atau restoran klo dah di promote gajinya lebih dari 2 rb dolar perbulan

  147. Angki says:

    Mas Agus yang terhormat,

    Saya mau tanya untuk di bidang media rekam dan suara atau lebih tepatnya lagi di bidang multi media tersedia ga yah? untuk bidang saya, gelar lulusan kampus saya (S. St) , seandainya ada mohon informasinya ke email saya bmmgmm@gmail.com.
    Terimakasih sebelumnya.

  148. Angki says:

    Mas agus yang terhormat,
    Untuk kapal pesiar ini biasanya ada tenaga bagian multi media nya ga yah mas
    bila ada apa saya bisa melamar masuk dikapal pesiar sebagai tenaga ahli di bidang muti media
    saya lulusan multi media broadcast. . kalo untuk gelar, felar lulusan saya S. St, jurusan muti media broadcast. . mohon infonya mas
    email saya bmmgmm@gmail.com

  149. Krisna says:

    kang Agus saya mau tanya nih , apakah selain Bahasa Inggris, bahasa-bahasa lain perlu dikuasai juga ? sebelum nya terimakasih..^^

  150. angki says:

    Kang Agus yang terhormat
    klo dikapal tempat mas kerja ,membutuhkan lulusan multi media ga yah, saya ingin bekerja di kapal pesiar di bagian multi media neh mas

  151. denies says:

    trimakasih om atas infonya,, yg pnting aku mau belajar bahasa inggris dlu ,, doakan aku y om…

  152. denies says:

    makasih infonya y om,,yg pnting skarngk q bljar bahasa inggris dlu,,, mnta doanya plz!!!!

  153. rey says:

    mas agus. saya kepingin kerja dikapal tapi saya punya masalh pada di gigi saya ada yang berlubang, apa mungkin bisa masuk dihall jika memiliki gigi berlubang. mohon jwbanya. thanks

  154. sangat membatu…
    terimakasi brada…

  155. andrii says:

    mas kalau lulusan D1 bisa bekerja di bagian ap…?
    dan ap harus private bhs inggris dulu…?

  156. Brina Feilani says:

    Mas Agus, lo’ aq cwek(26th) llsn D3 Perhotelan tp lum da pnglmn d pesiar qr2 bs d bag. ktchen g’ y??Kalopun g’ bs selaen waitress i2 bisanya d bag. apa lg??Mkc wat info’a

  157. diz tea says:

    Mas agus, mo tanya nih. Temen dkt sy skrg lg kerja di HAL di kapal Ryndam, emg disana susah & muahal bgt y buat komunikasi??? Dia msh pake kartu GSM indonesia krn katanya kl local card ada beberapa tempat yg g dpt sinyalnya. Sarannya gmn donk biar kt bisa komunikasi lancar & agak murah?? makasih

    • Kang Agus says:

      ya sangat mahal kalo sms 5 rb per sms, saran saya pacar kamu beli kartu internet aja yg 4o dolar tuk 380 mnit,,,ym atau skype kan bisa chat sambil liat wajah nya dripada telp,,,10 dolar cuma tuk 30 mnet

  158. fatah wariz says:

    kang agus sy hoyong nanya heula ahhh mun nu pake kaca panon kumaha tah bs teu krj d kapal pesiar tehhh

  159. Biru Langit says:

    Kang Agus,

    Terus terang sy suka suka sekali dengan postingan or pengalaman kamu di kapal pesiar
    Nama sy Edi sy pernah kerja ikut pelayaran internasional, yang saya takutkan banyak Perusahaan ataupun calo di Indonesia…Apakah bisa klo sy masuk dikapal pesiar bro
    1. Sy kemarin dikapal jepang sebagai Engine Boy
    2. Bahasa inggris sy nggak lancar
    3. Ijazah pelayaran belum ada tapi butuh waktu berapa untuk mengurus semuanya
    Tolong dishare website perusahaan kang agus bekerja Mudah2han bisa ikut juga.

  160. aldo says:

    hallo kang Agus..salam kenal

    • Fahraldo Ces says:

      salam kenal mas agus…..
      saya aldo,dan saya ingin sekali kerja d kapal, saya ada pengalaman di hotel bagian housekeeping yaitu room attandant selama 2 tahun d hotel bintang 5,,,,tapi saya belum ada sertifikat pelaut tuk kerja d kapal gimana mas,,,makasi ya mas

  161. miftahussurur says:

    oiya, cra byar cpet dpet promosi jbatan gi mna ya mas?

  162. aan says:

    Hello mas agus. Saya mau tanya nih. Saya lagi apply disalah satu kapal passenger. Saya kurang tau sih nama perusahaannya, karna info nya dari temen yg bekerja disalah satu agency di jkt.
    Terlepas dr HAL, saya mau tanya,
    1. berapakah umur max untuk bekerja dikapal passenger / pesiar ?
    2. Apakah ada syarat latar belakang pendidikan yg dibutuhkan untuk pekerjaan ini ?
    3. Saya hanya tamatan SLTA, tp record saya ga jelek2 amat lah, saya pernah bekerja di Hotel Bintang 4 selama 4 tahun, sebagai laundry attd dan bellboy, terakhir saya bekerja di UAE ( dubai ) pada perusahaan money changer. Apakah pengalaman tersebut dapat menunjang kelancaran dalam melamar pekerjaan ini ?

    Best regards,
    Aan.

  163. ahmad nasrudin says:

    ass.wr.wb halo kang agus nama saya ahmad, sya skrang sdang bkerja di salah satu restoran sbgai waiter, dri dulu sya pngen bngt krjad kapal pesiar, cukup g pengalaman sbagai waiter untk jdi housekeeping .atau mungkin kang agus bsa membrikan saran.

  164. henky says:

    q blum pnya pngalaman d kpl pesiar tp udah d kapl biasa,seandai ny q d trima posisi yg cocok tuk q pa ya?

    • Kang Agus says:

      pada dasarnya pengalaman itu dari hotel aja bukan dri kapal pesiar ja yg penting pengalaman minimal bintang 4 inggrisnya yg bagus soalnya di HAL inggris yg paling utama ketika interview dan pendidikan,,

      • bk4059xag says:

        mohon infonya apabila ada penerimaan untuk kapal pesiar ya masssss
        saya sudah 4 tahun di hotel berbintang 4,,,,,
        kepengen mencoba di kapal pesiar………..

        • cecep koamrudin says:

          sip maksih mas agus… infonya salam ma temen2 dikapal aja dari cecep komarudin ^_^ ( buat anak2 HAL )……..terutama anak2 housekeeping….angkatan 75…….

  165. Adi Putra says:

    Kang Agus yg baik hati banget sama semua orang. Kang,umurku tahun ini udah 36 th,aku masih tercatat karyawan Lulu Hypermarket di Timur Tengah sbg Front End Staff (lg ngambil cuti),aku pernah jg pernah jadi Asmen KFC di Malaysia,total udah 8 tahun di luar negeri di restoran dan hypermarket.Saat ini aku mau ambil kuliah perhotelan selama 1 tahun di SHS Surabaya juni ini,jd aku nggak balik kerja,dg alasan aku berniat untuk kerja di kapal pesiar. Bagaimana menurut Kang Agus apakah aku masih punya peluang untuk diterima?Kalo hotel di Qatar pernah manggil aku 3 thn lalu,cuma karena Lulu waktu itu gratis jd aku kerja di Lulu.Bagian apa yah Kang yg diambil?Aku ambil manajemennya jd belajar semua tp minim praktek, krn mestinya 2 tahun,aku

  166. Adi Putra says:

    mestinya 2 tahun aku ambil 1 tahun.Untuk job trainingnya agak susah karena katanya sudah kepentok umur. Bagaimana yah Kang sebaiknya? Ku tunggu masukannya yah Kang, soalnya kuliahnya mulai bulan Juni.Ada tawaran untuk kerja sebagai audit di kapal penyebrangan dg gaji dll sekitar 2,5 jutaan dg kerja di atas 10 jam, nggak ku terima. Karena aku berharap dg kerja di kapal pesiar,aku bisa beli rumah. Jazakumullah khairon katsiron.Amiin Amiin Yaa Robbal Alamin.Wassalamu alaikum wrwb.

  167. Norman Manalu says:

    Mas…saya 8bln yg lalu baru turun dr kapal rick/pengeboran minyak saya dlo bekerja disana sbgai steward dan sampai skrng saya msh blm m’dptkan pekerjaan stlh hbs kontrak d’sana dan stlh saya liat blog ini saya smakin berminat untuk bekerja di kapal pesiar,,wktu di kapal rick pun saya dgn kru” steward disana sering membicarakan ttng kapal pesiar dgr” sih salary nya besar….hehehehe….pengalaman saya wktu di kapal rick dlo lurang lbh 1thn berlokasi overseas/luarnegeri…..blh saya mnta alamat lengkap untuk mengirim CV saya melalui email/alamat kantornya agar bs saya datangi langsung ^_^

    Thx bgt mas BLOG ini sangat membantu saya.GBU

  168. bagus mas….pinggin ikut aku,,,update info nya ya

  169. ratna says:

    Mas Rudy, aku lulusan S1 management. Bahasa inggrisku sih pas-pasan. Aku punya pasport. Aku pingin kerja di belanda. Minta tolong dong informasi lowongan kerja di Belanda…Bagian apa saja aku mau asal halal…

  170. perkakas says:

    Valuable info. Fortunate me I discovered your site by chance, and I’m surprised why this accident didn’t came about in advance! I bookmarked it.

  171. bk4059xag says:

    mas agus,, saya umar 22 thn, kpengen x kerja di kapal pesiar,,
    saya saat ini masih bekerja di salah satu hotel berbintang 4 di kota medan, sudah sekitar 4 tahun saya bekerja di housekeeping Dept.
    mohon infonya kalau ada lowongan untuk bkerja di kapal,,,,,, terima kasih massss…

  172. cecep komarudin says:

    mas saya pngen bgt kerja dikapal pesiar… susah nga yah tesnya

  173. putu says:

    Mas.. Gimana ya saya ingin sekali jadi SEAMEN.. Tapi saya ga punya pengalaman kerja di hotel.. Tapi saya pnya pengalaman 2th kerja di maskapai penerbangan. 1th di Lion Air.. Kmudian sampai sekarang kerja di Airport Service sbg Staff Singapore airlens.. Nah.. Di sini saya tau mengenai SEAMEN karna sy sering Check-in/handle seamen2.. kira-kira saya ada peluang ga ya buat jadi seamen.. Dan persiapan apa saja yg aku hrus persiapkan?? Please info ke E-mail saya aaronputu@yahoo.com PIN BB 27ea845 no.hp +6289654942734 mohon bantuanya ya mas.. Soalnya saya ingin sekali membahagiakan orang tua saya.. Trmksih Sukses Selallu

  174. aris page says:

    kang agus maaf sy punya sertifikat antd,bst,aff,mfa,pscrb,tf,otstp,ctstp….bahasa inggris lumayan
    bisa ngg sy ke kapal pesiar….trmkasih

  175. ardi kurniawan says:

    Hello kang agus,,saya mau tanya ni, kira2 bagian apa yang sedang banyak dibutuhkan dan cepat diterima kerja di kpal HAL,trimakasih.

  176. Abdul rohim says:

    Bang biaya sekolahnya berapa?
    Paling cepet berapa taun?
    Saya berminat sekali di pelayaran, so bales ya 🙂

  177. Nanda Prasetia says:

    thx for your information 😀
    ini sangat membantu kak, saya baru duduk dikelas 1 SMA
    saya sangat bercita-cia bisa bekerja dikapal pesiar ..
    yang saya takutkan adalah speaking face to face dengan tamu ..
    dan juga bahasa apa saja yang bisa dikategorikan penting untui bisa masuk kerja di kapal pesiar..
    menurut kakak ??

  178. wahyudi says:

    tanks bngt mas agus udh merespon pertanyaanku.q smakin manteb aja mau apply ke sbi.tanya lg blh gak mas?kl trainingnya skitar 2 bln,kira2 brp bln lg berangkat?soalnya q udh berkluarga mas.ksihan anak istriku kl gak berangkat2.mhon jwbnya mas agus.mksh bnyk mas.

  179. wahyudi says:

    tanks bngt mas agus udh merespon pertanyaanku.q smakin manteb aja mau apply ke sbi.tanya lg blh gak mas?kl trainingnya skitar 2 bln,kira2 brp bln lg berangkat?soalnya q udh berkluarga mas.ksihan anak istriku kl gak berangkat2.mhon jwbannya mas agus.mksh bnyk mas kl mau jwb.

  180. anton says:

    mas numpang tanya saya kan mau coba ambil d1 di monarch bali, tp yg jadi masalah saya perokok & mata saya minus apakah nnt pas medical check up saat melamat akan gagal atau bisa di akalin dgn mengunakan contact lens? klu rokok sy bisa berhenti mulai skg, mohon infonya ya mas… thx

    • Kang Agus says:

      mata minus gk apa2 yg penting pas medical check up kamu bawa kaca matanya, roko bagus berhenti dulu tuh biar paru nya bersih klo ada keinginan yg kuat harus ada niat yg kuat juga ok,,

  181. permisi mas mau nanya
    mas jadi harus D1 perhotelan ya? dan harus punya pengalaman kerja di hotel?
    kalo S1 sastra inggris bisa ga ya mas?
    makasih mas

    • Kang Agus says:

      bisa tapi penglaman nya harus hotel ok

      • Irvan NR says:

        hatur thank u,kang agus..
        Brmanfa’at bngt info’a,ivan tahun ini mw sekolah d’stip jakarta…bisa ngga kerja d’hal,tpi posisi sebagai abk deck nya bukan hospitality nya..??

  182. Irvan NR says:

    hatur nuhun sateuacanna….kakak q jga mw nyoba k hal,skarang posisi kerja sebagai head bar d’bandung…lulusan D1 perhotelan Ariyanti,pengalaman kerja dah 7 thun,,,kinten na aya kesempatan teu,kang agus….??

  183. Andika says:

    mas,kalau fresh graduate bisa ga? saya bln februari 2013 lulus dr universitas katolik parahyangan jurusan hukum.sy jg pny sertifikat bahasa inggris,jerman dan prancis.Apakah hrs ada pengalaman kerja dulu di hotel ? bagaimana kalau saya ikut pendidikan kapal pesiar yg cuma 4 bulan di Cemara International Network ??

  184. dhika says:

    mas, kebetulan sy br seminggu sekolah layar..byk pertanyaan khususnya seputar river cruise ship (jerman), apa di SBI disediakan lowongan untuk river cruise? saya dengar kerjaan di river cruise itu muter (HK-laundry-waiter-malah terkadang ada yg bantuin di dapur nyiapin makanan), bener nggak ya? bs mnt tolong buat urutan dr posisi terbawah untuk tiap departemen? misal posisi HK (terbawah) GPA -> (naik) asisten steward cabin – dst.

    pengen river cruise soalnya pengen jalan” di eropa..hehe

    Danke!

    • Kang Agus says:

      tuk HK: promote
      GPA HK female/ male gaji 500 dolar
      bellboy / nite steward/ capten steward gaji sama diatas
      promote cabin steward : gaji 2000 dolar
      promote lagi lead cabin steward : 2400 dolar
      tuk dept lain saya blum tahu

  185. bolang says:

    kang agus facebooknya apa yah?? bagi dongg

  186. ivan iqbal says:

    mas mau tanya kalo umur max kerja di sana berapa?

  187. assalamualaikumm , , , kang aguss . . kang agus orang sunda ya ? kang , saya dari garut (jawabarat) , ingin sekali kerja di kapal pesiar , saya sedang sekolah D3 keperawatan, sekarang semester 4 . mau lanjut kuliah tp tersendak biaya nya , rencananya saya mau cuti dan cari kerja di pelayaran, saya pernah kursus b,inggris di kediri selama 3 bulan, untuk persyaratan kerjanya yang saya gak punya itu adalah diploma perhotelan , apa yang sebaiknya saya kejar sekarang kang ? klo untuk kuliah lagi di Diploma perhotelan sihh , kayanya biayanya gax ada. apa ada kursus atw semacam pelatihan pelayaran aj yang gax butuh biaya banyak ” ? thanks ya kang , , please answer my question . . kang agus

  188. agung says:

    assalamualaikum kang agus mau sharing lebih deketnya curhat nih kang kenapa ya? udah apply ke agen2 kapal pesiar ga diterima2. waktu itu pernah ke CTI dianter sm temen yang kerja di kapal pesiar dari CTI tetep masi belum qualified katanya begitu. bahasa ingris saya emang pas2an apa jadi kendala ya? klo sertificate course ga ad ap musti course dulu ya, ampe dapet baru bisa diterima? kata temen bikin surat2 buat melautnya dulu biar jadi pertimbangan apa bener kang? mohon pencerahannya.

    • Kang Agus says:

      ya lebih bagus bikin passport dan seaman book dulu dulu juga saya begitu coba agung lihat di kompas suka walking interview jdi g nunggu lama

  189. dhika says:

    tampaknya terbatas nih…pindah haluan ahh

  190. Yopi says:

    kang agus,, saya rencana mw berkarir di kapal pesiar nih, tepattnya di HAL.,,Sya lulusan S1 sastra inggris, tpi belum ada background perhotelan..Apakah saya harus ambil D1 perhotelan dulu ato cukup job training di hotel aja selama 6 bulan?
    Sebelumnya, hatur nuhun pisan kang agus…

  191. Bayu says:

    kang agus,, sy bayu dari bali,, kan sy lg sementara pelatihan nich,, di jurusan cook untk kapal pesiar,, katax untuk naik dikapal pesiar jurusan cook itu minimal umur hrus 21 thun yah kl sy tahun dpn bru umur 20… Kira bs ngk yah dgn umur 20 bs naik kapal? apakh jurusan cook itu menunjang? trus maslah gaji,, dgn yg sy dgr dri orang,, gaji seorang cook itu kecil yah?
    mohon direply yah kang agus,,,

  192. Thks for your info !!! nice info gan, sukses slalu buat kita semua !!

  193. 123456 says:

    kang aku cman tanya ,gmn ya biar cpet bsa bhasanya ???

  194. assalamualikum mas agus…
    saya sekarang kerja di perhotelan depart HK mas..
    kata tmna sya kalau masuk ke kpal pesiar tu bnyak yg disiapin sbg cntoh pasport.visa.sailing dll lahh,,,
    sekarang dana total buat urus itu smua brpa mass???
    soal nya saya udah ngmpulin gaji buat masuk ke kapal pesiar…
    dan skarang saya jga lagi kursus english conversation di easy speak mass..
    dan kalau boleh tau bagian di kapal pesiar yg cocok buat pengalaman saya
    saya pernah jadi roomboy dan order taker,waiter jga
    dan sekarang saya udah jadi reception di hotel mass…
    tolong kasi tau ya mass syarat n rincian dana trus penyalur resmi masuk kerja kapal pesiar ituu…
    terimakasih mas agus sbelumnya…
    info anda sangat membantu…..

  195. Malik says:

    kang Agus numpang tanya nih,
    ada ga lowongan DECK CADET di HAL untuk orang Indonesia?

    • anton wibowo says:

      kang agus saya berminat sekali dikapal pesiar experience saya 2THN diwestern kitchen HOTEL BOROBUDUR minta infonya kang,saya sangat berminat sekali.

  196. ekopred says:

    mas pagulung itu apa ya?????hehehe

  197. riski permana says:

    s’sudahnya mksh ats smua sran’nya..
    dan yang saya ingin tanyakan gini mas..
    kan mas dh msuk k kpl pesiar ya? Dn pst juga mas pernh intervieu, nah yg sya ingn tnyakan. Di tanya apa saja si ktila iterview??
    makasih..

  198. Hi friend, saya ada pertanyaan, kalau saya ikut pendidikan yang satu stengah bulan tetapi saya tidak pernah ada pengalaman kerja di hotel bintang 4 atau bintang 5 apakah itu menjadi kendala buat saya? pengalaman kerja yang pernah saya kerjakan yaitu kerja di Japanese, Chinese and Italian kurang lebih 5 tahun. apakah itu bisa membantu sedikit. Thanks, wishing your reply ASAP. God bless.

    • pengalaman kerja yang pernah saya kerjakan yaitu kerja di Japanese, Chinese and Italian Restaurant kurang lebih 5 tahun. apakah itu bisa membantu sedikit. Thanks, wishing your reply ASAP. God bless.

  199. jefffri says:

    mas kalo mau daftar syaratnya apa saja?thx

  200. novan says:

    Mas Saya Mau Nanya Kalo Jadi Bagian Deck atau Sailor Gaji nYa Berapa?..Dan Kalo Jadi Sailor Nasa Inggrisna Gk tERLalu Bemasalah? Trims.

  201. ali says:

    akang agus mw nanya ni, kita tahu salah satu persyaratan mutlak itu harus bisa bahsa.ing well, nah yang saya baca di artikel mas agus itu, mas bahsa,ingnya juga pas pasan, gmna ceritanya kok mas agus bisa keterima?? dan dalam menjawab interview nnti grammar itu sangat perlu??? dan klw punya kelebihan bahsa asing lain apa perlu kita sebutkan?? bahasa,ing aktif saya lumayan tapi masi amburadul alias gak pake grammar, hehehe ada persayartaan gantengnya juga gk?? alx mas agusnya goodlooking , klw aku biasa aja .

    • Kang Agus says:

      untuk kapal HAL bagusnya tidak melihat ganteng, cantik, dll…yang penting bisa senyum aja soalnya nanti kita kerja di dunia jasa pelayanan..betul bahasa inggris saya pas2an tapi saya belajar bagaimana cara menjawab interview yang baik dan saya belajar untuk tidak gerogi disamping itu kita harus percaya diri. grammer lah saya bisa menjawab juga bisa makanya lulus hehe yang penting lagi berdoa terus jangan sampai menyerah kalau bisa bahasa asing lainnya sebaiknya sertifikatnya di cantumkan atau di poto kopi aja ,,nanti juga jdi bahan pertimbangan. good luck tidak sedikit teman2 yang komen di blog ini bisa ketemu sama akang di kapal,,smga kamu jg ya

  202. ali says:

    oh mantap kang, o ya kang dalam interviewnya itu kita selain ditanya tentang diri kita, juga ditanya pengetahuan kita tentang objek wisata yang jadi tujuan kapalnya gk?? seperti misalnya disuruh menyebutkan objek wisata yang ada di Aalaska,carrebian ext.?? ada uji ketangkasan juga??

  203. ali says:

    kang btw saat interview akang ditanya gk tentang berapa gaji yang akang minta? klw memang ditanya apa jawaban akang??

  204. ali says:

    maaf one more question hehe ,, bedanya Clerk sama Crew tu apa kang? dan apa disana gajinya beda? maturnuhun

  205. pandji says:

    kang agus mau nannya nih kan waktu di interview di kasih gambar tentang kota dan suruh jelasin. nah kota yang ada di gambar rata2 kota besar ato kota kecil kang?

  206. pandji says:

    ohhh sip kang hatur nuhun nya kang .. mohon doa nya supaya bisa gabung sama HAL 😀

  207. vidya says:

    Kakak saya salah satu lulusan SBI, dan skarang ada di HAL juga kang agus,,saya sangat bangga karena tentunya tidak semua orang yang dapat bekerja di Kapal pesiar, cuma orang2 yang bertekad kuat yang bisa bertahan disana.. Trimakasih atas infonya Kang,, Meskipun saya seorang perempuan mudah2an setelah lulus kuliah nanti saya bisa jadi seperti kakak saya dan kang agus sekarang,, amiiiin,,, 😀

  208. Billy Rizky says:

    mas agus, mau nanya nih
    saya kan masih kelas 3 SMA tapi punya kemampuan bahasa inggris dan banyak sertifikat dari tempat les saya. apa ada nilai lebih dari sertifikat itu ? bagaimana dengan sertifikat TOEFL ? apa sangat membantu ?

    saya mau mengambil S-1 hospitality atau hotel management, bisa juga dapet di kapal pesiar kan ?

  209. Alexi says:

    Kang Agus, saya freshgraduated S1 Manajemen (Marketing), dan memiliki skill English yg memadai.. Namun, saya sama skali tidak memiliki latarbelakang/pengalaman di bidang Hospitality..
    1. Apakah saya dpt secara langsung melamar ke SBI dgn kriteria sprti di atas?? Klo tdk bisa, gmna menurut Kang Agus dgn pertanyaan saya no. 2 ;
    2. Saya ada tawaran jd waiter di hotel bintang 5 (direct hire) dgn durasi kontraknya 2 taun.. Berkaitan dgn keinginan saya utk bkerja di HAL, mending ambil tawaran (direct hire) tsb, atau lbh baik saya tolak dan ambil kuliah perhotelan saja?? Lulus kuliah perhotelan, lgsg lamar ke HAL.. Mana yg lbh baik, menurut Kang Agus, agar nantinya saya dpt melamar ke HAL..

  210. leven says:

    maf g3 mas agus ,… mas aku kan punya pnglmn d house keeping kurang lebih uda 2 thun n tmt D1 cman bhsa inggris q agak kaku mas kira” cocoknya aq mncari posisi apa y mas untuk pemula karena aq bru pngen mncoba brkrir d cruise line…… compirmasinya dtunggu y mas…

  211. himura says:

    mas agus fb nya apa?

  212. mas agus saya ingin bgt kerja di HAL, saya mw tanya mslh hk dsna,kata saudara saya kerja di hk trutama cabin stwrd paling berat bnar ya ? trus masalah kita bisa jlan2 kluar kapal itu bnar yaa klo udah dii cabin stwrd ksempatan kita buat jalan2 keluar itu sangat kecil soalnya kita harus membrsihkan seluruh kamar yg di tanggung jwb kan ke kita,
    info tolong mas agus

    • Kang Agus says:

      ya betul berat banget kerja sbgai cabin steward 30 kamar di kerjain berdua. tapi klo team nya kompak jadi terasa ringan.
      jalan2 bisa aja..soalnya batas cbs kerja sampai jam 2 pm sampai jam 5.30 pm tapi enjoy

  213. agung priyana says:

    klo mas agus biasanya brp jam dpt wktu jalan2 nya ??
    oya mas agus,klo dr intrvw pertma sampe berangkat kira2 brp lama tu tenggang waktunya ?

  214. eef says:

    Kang,sy mau tanya..calon sya bru 4 bln d kpl pesiar d miami.Tpi sy bnyk gg ngerti nya..Klo kontrak awl krj d kpl pesiar memng sktr 8 bln ya? Trs stlh itu plg k indonsia hrs brgkt lagi ya?itu smpe brp thun?sistmnya kontrak ato gmn?sya tanya lgsg suka gg djwb jelas.hehe..

  215. Emanuel Kurniawan says:

    Kang Agus, kalau saya berumur 36 Th dan lulusan S1 Akuntansi, ingin mencari penghasilan di Kapal Pesiar, kira-kira masih ada kemungkinan gak Kang Agus, kalau ada kira2x di bagian housekeeping bisa gak ya…? makasih kang Agus….

  216. mas kalo untuk orang mesinya gmn mas tolong di jelasin jga dong ..,?

  217. Kang Tuji says:

    You’re the best Kang Agus
    Thanks for your blog ..
    You’re make inspiration to me..
    Tommorow i will walk interview in magsawsaw III
    Can you help me ?
    I ever working in drilling ship 6 month (JANITOR OR STEWARD)
    So…im nervous can u give me attention at interview in magsawsaw III

    Once again Thank you very much ^_^

  218. fernando says:

    kalau basicnya cm restoran,bgusnya ngelamar posisi apa ya mas? Ak sh ud 3th kerja,sekarang bru jd head waiter(sebutan di restoku)
    Emg sh sama2 di service
    Tp ak buta kalau tata cara perhotelan gtu dan istilah2nya. Kalau bhs inggris tulisan ak bsa,plg conversation yg mesti di asah lg.(ngerti mksdnya,tp g lancar jwb lisan) bisa g ya ?? Apa bkal jd penghambat?

  219. OKTOFIAN says:

    lam kenal mas
    saya tertarik sekali dngn tulisan mas,kebetulan saya ada tawaran krja dikapal holland dari tmn kakak saya di jgja.sebetulnya sy berminat tp sy pesimis dngn kemampuan sy,sy llusan STM pngalaman kerja cm satpam,bahasa inggris nol besar jd saya ragu& lum sy tanggapi penawarannya.tiap ktmu sy selalu ditanya gmna minat pa ga gt.katanya sh tes nya cm formalitas ja ,setelah baca tulisan mas sy jd tambah ragu pa iya di kapal holland msh ada formalitas2an ky krja di indo ja da KKN

  220. farah says:

    hi boleh tau infonya,,,kalo lowongan wat cewek bisa kerja posisi apa ya??
    Thx

  221. ikbal says:

    mas tau gak agen kapal pesiar jepang yg ada di indonesia

  222. Aris Poetra says:

    mas tnaya kalau ga bisa bahasa inggris wlpn cmn pas pas an bisa kerja di kapal pesiar ga mas? coz itu cita cita saya dri dlu

  223. Berry says:

    Malem kang agus.
    Saya masih sekolah kelas 3 SMK di Palembang.
    Saya ingin bisa bekerja di kapal pesiar.
    kira-kira apakah saya bisa ikut interview setelah saya tamat dari sekolah saya.
    lalu, apa yang harus saya siapkan & perhatikan, agar bisa bekerja di International Cruise Ship ?

    mohon bantuannya kang.

  224. juli martha says:

    saya juli martha ingin mencari kpal pesiar untuk deck cadet hu8b saya di no 082115672309.

  225. ROMI says:

    bang,ada temanqu yang katanya kerja di sana,,,,namanya bang ferry ,,,aq di kash info….gajinya dia katanya udah gede,itu bnr nggak sih????katanya gajinya sekitar ratusan juta kalau temnqu itu katanya sktr 400jtaan itu posisi apan,,,,???katanya dia cm pembantu tapi kurang jelas posisinya apaan ,,,,,untuk tukang cuci piring aja kl di HAL gajinya 100jtaan,,,,benar nggak sich??mohon infonya bang,,,,

  226. aditia says:

    mas, mau tnya… saya bru pnya pngalaman d restaurant singapore.. bsa apa g???

  227. aditia says:

    mas log pngalaman saya bru di restaurant singapore gmana???

  228. wahyu says:

    kang agus saya mau nanya mana bagusan jurusan waiter apa housekeeping mohon di bantu mas saya masih bingung untuk nentuin jurusan…

  229. adhitya says:

    what a nice info there. I would ask you some questions because I interested working in the cruise ship. I will have graduated my scholar degree on English literature program next year. now, I am working on my mini-thesis.
    I just want to ask you about the fulfilment which is needed in order to be accepted working in the cruise ship. then, what is the suitable position for English literature graduated? I really waiting for your response..thanks in advance..

  230. abdillah ar raffi says:

    kenalkan saya raffi. kalau untuk msuk k HAL adminstrsiny brpa y? klo tuk jdi koki crany masukny sma aj kn?

  231. fikri says:

    assalamualaikum kang… saya mau nanya sebenarnya agent-agent spt CTI,SBI dll itu bayar gak sih?? ujung-ujungnya bayar juga kan??

    • Kang Agus says:

      tiket g bayar mas, tapi kita butuh biaya buat bikin visa passport seambook dll trus biaya pndidikan kalo visa dan medical nanti uangnya di kembalikan

  232. ogek says:

    Sya pingin banget kerja di kapal tp ga punya basic nya 😦
    Apa mesti kuliah dulu ya?

  233. iim says:

    Batas umur nya brapa ya ? Agar bisa diterima? Klo umur 37 th bisa gak? Dan tdk ada pengalaman di hotel. Tapi pengalaman I bidang lain.

  234. ANdika says:

    I introduce from travel agent located in Jakarta (Indonesia)
    And we have a special price for a plane ticket for the purpose of Indonesian seafarers to all countries.
    We are very pleased and look forward to be working with a company that you lead.
    We thank you very much for your attention and your time
    HP : +6281-385334130
    Email : andika_hari@yahoo.com

    Thanks
    Andika

  235. Assalam Kang Agus, apakah aman seorang wanita kerja di kapal pesiar?
    Mohon informasinya Kang Agus, terimakasih 🙂

    • Kang Agus says:

      tergantung sama orangya klo imannya gk kuat pasti terbawa g baik,,,niatnya mau kerja pasti gk bakalan terjadi sesautu, kalo masalh aman nya ya aman perempuan sangat di lindungi sama company

  236. nanda says:

    kalau bleh tau gajinya brapa disana, saya sangat ingin bekerja di pelayaran. Karna itu cita cita saya. Tolong bantu saya ya. .

  237. Dhea fitriana says:

    Hay kang agus
    saya baru berniat kerja d kapal pesiar tapi bukan k hall
    melainkan k star cruises singapore
    saya ingin menjadi juru masak d sana
    dengan jembatan melalui sekolah perhotelan
    apa dengan sekolh perhotelan kita masih harus punta pengalamab kerja
    sedangkan sekolah yg kita tuju melaui beasiswa menjanji kn langsung kerja tampa melalui proses magang
    apakh itu bisa kang
    i’m waiting your reaply y kang
    sorry klok b.inggris ny masih belepotan kang karna saya masih belajar
    hahahahaha
    dikit lagi kang boleh kasih tau gk kira2 sekolah perhotelan yg bagus d indo ap aja ya karna rahun depan saya baru mau daftar kang

    • Kang Agus says:

      Saran kalo di bandung stpb atau enhai,Aktripa, Akparindo itu tuk bandung star cruise biasanya magang dri perkuliahan tapi jagna lama2 di star cruise soalnya gajinya kecil banget

  238. zakki says:

    Mas,mau tnya. aku dapat info ini katanya kapal disney cruise line membutuhkan 500 crew dan sekolah yg menawari aku itu katanya cuma harus kursus 1 blan. itu bener apa gak ya??

  239. adam jordan says:

    bro ane penasaran ni bro. Kalau ane bole tw. Berapa ya gaji kerja di kapal pesiar. Hehehe

  240. Irsyad says:

    kang Agus, mau tanya nieh…
    skrg ane udh kerja di salah1 Hotel berbintang di JKT di bagian Houskeeping! niat awal si emang mau daftar SBI, tapi kata saudara yg mau masukin ke SBI kalau masalah tinggi badan di peritungkan juga!
    apakh itu betul kang?? kalau betul brp tinggi minimum buat cowok! masalahnya tinggi ane pas2an, cuman 164/165. msalahnya kmren pke pngukur seadanya! g ada alat pngukur yg standart!

    thanks ya Kang Agus, mohon infonya
    salam success!!!

  241. Ajong says:

    Hello kang agus..
    Perkenalkan nama sy ajong,sblmnya sy sudah membaca beberapa sarannya bang agus,yg mna mnrut sya kriteria yg abang saranin termasuk dari kriteria sy. Sya tidak mahir berbhsa inggris dan sya tidak berpengalaman dlm bidang perkapalan,serta sya jga tidak pernah bekerja di hotel mana pun. Sy seorg siswa yg berijazah sma. Akan tetapi sy ingin bekerja di bidang perkapalan.. Jadi,apa mungkin sya bisa bekerja di kapal pesiar sbg deck/sailor?? Dan,sya tidak seberapa tahu apa pekerjaan deck/sailor itu sendiri. Mohon pencerahannya bang agus.
    Sblumnya terima kasih banyak. ^^

  242. kalo buat jd photographer? saya pernah di bilangin, katanya dftar HK dulu nanti second contract pindah. kalo soal itu di ketahui penginterview gawat ndak?

  243. 12ciumanpertama says:

    selamat malam mas. gimana kalau untuk tenaga kerja perempuan disana ? apakah terlindungi..

  244. Tika Marsa says:

    Kang,,,saya tertarik untuk Kerja di kapal pesiar, saya 26th tp saya ga Punya pengalaman Kerja di hotel atau pun sebagai waitress. Bahasa inggris bisa walaupun ga Bagus banget, saya Punya beberapa pengalaman Kerja tp bukan di hotel atau pun sebagai waitress, Kira2 bisakah saya bekerja di kapal pesiar seperti kang Agus. Saya masih bingung mau Kirim CV krn tdk Punya pengalaman tersebut.

    • Kang Agus says:

      Kalau Maesa tertarik kerja di kapal pesiar dari skrang cari pengalaman dulu di hotel biar di terima

      • indra says:

        Assalam mualaikum mas agus.
        Saya laki” 27 tahun.
        Pengalaman 6 tahun di hotel bintang 5 di medan.departemen housekeeping, sampai skrg, skrg saya bagian room. Masalahnya bahasa inggris saya hancur brantakan mas. Kira” menurut mas agus. Berapa persen peluang saya bija bekerja di kapal pesiar. Khusus nya di HAL. terima kasih mas agus. Semoga org baik seperti mas agus slalu diridhoi oleh ALLAH SWT. AMİN.

        • Kang Agus says:

          Indra…walaikum salam wr wb
          bahasa inggris tetap no satu di HAL kursus dari sekarang atau lebih baik ke kampung inggris di kediri kan dekat sama medan ya kalau gak salah

      • nana girl says:

        Mas agus yg super baik^^
        Sy sdh byk bc n ngerti. Kerja 10bln,cuti 2 bln. Pas cuti itu gaji tetap dikasih ya? Gajian secara tunai atau transfer rekening. Amankah menyimpan uang dikamar yg isinya 4org?
        Kalau pakai gigi tiruan/ggi palsu masih bisa gk ya? Makasihhhh bnyk mas^^

  245. Halim says:

    pagi mas…saya kemaren hbs interview di jogja trus lolos..pertanyaan saya sprti ini…apa nanti di jkrta ada interview lagi & malin test? coz saya di suruh medical n di kasih kode buat id crew. katanya temen ma senior ntar di interview lagi di sana….begitu..tolong di jawab ya

  246. ruland says:

    Kang mo nanya2…klo lulusan smk pelayaran…pernah layar 1 tahun di domestik, nglamar sbi bisa ga yah…cuma punya sert. komp, BST sama english standar..?? tq

  247. Irsyad Aslam says:

    Kang, mau maslah tinggi badan diperhitungkan apa kalau diHAL? misal diperhitungkan berpa tingggi min untuk cowok.
    kebetulan emang saya mau daftar diHAL, sekarang lagi bekerja di salah satu hotel di jakarta

    thanks, kangAgus

  248. Pingback: Lowongan Kerja Kapal Pesiar

  249. andrean says:

    nilai bhs inggris jg di lihat ya mas

  250. sellvin says:

    mas mau tanya ya , brp biaya yg di kluarkan dari awal sampai keberangkatan ? thx

  251. juliandrik says:

    thanks mas bro,, atas infonya, sayapun ingin mencoba dalam waktu dekat ini, sampai bertemu,

  252. Dzeko says:

    kang agus , saya punya pengalaman di akademi milter 3 bulan, english pasif n aktif bisa, pernah jadi kandidat beasiswa pertukaran budaya jepang-indonesia, n saya lgi kuliah d1 perhotelan. umur saya 23 tahun.. apa bisa masuk di HAL?

  253. aldii says:

    Mas kalo untuk posisi HK di kapal menjanjikan gak sih???

  254. Shinta says:

    halo kang agus, saya sangat tertarik untuk bisa bekerja di kapal pesiar. tapi yang menjadi kendalanya saya tidak mempunyai pengalaman kerja di bidang hotel atau sebagai waitress, bahasa inggris saya pun masih kurang, tapi sekarang saya sudah memulai kursus. apakah seperti saya masih ada peluang untuk bekerja di kapal pesiar dengan tidak ada pengalaman kerja di hotel?
    terimakasih

  255. Pingback: Gimana Cara Ngurusin Badan Dengan Cepat | Bagaimana Cara Nya

  256. Sharon says:

    Hallo kang agus..
    this is so great..saya mau tanya.ada banyak sekali position di kapal pesiar,jika kami mendaftar&di’sekolahkan’,apakah kami bisa memilih bidang pelatihan sesuai position yang ingin kita ajukan lamaran atau semuanya ditentukan oleh agency?

  257. Aria Erl says:

    Assalamu a’laikum Wr. Wb.
    Kang Agus, nepangkeun abdi Aria ti Cianjur. hehe..
    kang, mau nanya kalau interview di HAL untuk posisi ASL kira2 apa aja ya yang ditanyain?
    buat sekedar info saya skrg umur 22 tahun, lulusan SMA, basic pernah Job Training dan Kerja di hotel bintang 4 selama 1 tahun, ya biasa lah kerjaannya set up table, meet & greet, taking order, dll.
    bahasa inggris insya Allah memadai. (Pernah beberapa kali ngobrol sama foreigner alhamdulillah nyambung..hehe)
    saya pengen banget kerja di HAL, secara disana banyak orang Indonesia jadi saya bisa lebih mudah belajar n mudah2an banyak yang bisa bantu karena sebangsa. hehe..
    cuma saya kurang pede buat pertanyaan job knowledge, ya pada dasarnya hotel bintang 4 menu, fasilitas, sama peralatannya gak selengkap di Kapal Pesiar.
    takutnya yang ditanya pas interview malah yang saya gak tahu.
    saya skrg lagi nunggu Walk In Interview SBI di Jakarta atau Yogyakarta, kalau Bali kejauhan n ongkos juga mahal..hehe..minta doanya juga supaya dilancarkan.
    hatur nuhun kang Agus.
    Wassalamu a’laikum Wr. Wb.

  258. Ass… Mungkin ada nomor HPny Mas untuk bisa dihubungi #Terima kasih

  259. ilham says:

    Nggeh,,,!!

    Tp saat interview,x itu apa” yg ditanyakan klok di bidang house keeping,,,!!

  260. julius says:

    Kang batas umur minimal di kapal pesiar berapa ya? Kalo mau kerja disana emang harus sekolah pesiar dulu? Saya msh sekolah di smk jurusan f&b, abis lulus rencananya mau sekolah pesiar. Tapi kalo gadiwajibin sekolah pesiar, saya si lebih milih langsung kerja / kuliah di sklh tinggi pariwisata gitu. Banyak banget yang mau saya tanyain karena saya tertarik banget di pesiar tapi bingung hehe jd itu aja dulu makasih kang:)

  261. krisna says:

    ka, agus kra tinggi tubuh minimal brpa yach….

  262. Dan'z says:

    Mas dlu llusan apa? kuliah dlu

    kah sblm ke SBI????

  263. okta says:

    slam knal m agus . mas mau tanya kalo basic gaji laundry attendant di kapal hal brpa ya untuk pemula .dgr2 tmn gaji di contractnya 350 itu dpt tambahan lgi ga ya pas di kapal . mohon infonya tkb

  264. najaa says:

    kang agus, dulu sekolahnya, kuliah, sebelum kerja di kapal dimana?
    biar tau, saya pengen kerja di kapal pesiar,,

  265. Fernan says:

    Saya ingin sekali bekerja di kapal pesiar usia saya 18 th saya masih psg . Mungkinkah saya setelah mendapat certifikat magang . certifikat rescue .tolong info nya mas trrimakasih

  266. Bachtiar says:

    Kang…saya punya teman namanya Muzakir, beliau teman kuliah saya dulu di Akademi Pariwisata, kabarnya sudah bekerja di kapal pesiar, kenal kah kalau tau bagi tau saya yaaaaa?

  267. rhivhal says:

    untuk belajar menghadapi test marlins secara offline…
    download & install marlins test program….

    http://fileml.com/file/0yc588

  268. gery says:

    selain b.ing ,apalagi yang harus dikuasai untuk bekerja di kapal pesiar

  269. gery says:

    Bila ingin bekerja di kapal pesiar, apakah WAJIB untuk kerja di hotel bintang 4 selama 1 tahun?

  270. Pingback: kesempatan kerja di qatar | Zon Lowongan Kerja

  271. Pingback: Pengalaman Hidup Menjadi Sebuah Karya | Eh…..kang agus

  272. teguh says:

    hampir 6 tahun comenya,

  273. teguh says:

    hampir 6 tahun comenya, bacanyapun 6 jam gk slesai

  274. febri oktaviandi says:

    kang saya pengen kerja dikapal tp saya b.inggris kurang banget , dan saya pun kerja di hotel udh lebih dari satu tahun tp tanpa sertifikat . tp saya punya sertifikat jobg training di hyatt regency bandung selama 6 bulan, apakah itu udh bisa masuk apa belum ? saya di housekeeping lebih jelas nya room attendant dan semua mesin pun saya bisa . saya pun bisa di laundry

  275. Januar says:

    Makasih mas atas Infonya, saya Juga Ingin Seperti mas agus, kerja di Kapal Pesiar..

  276. hidayah ramadhan says:

    Saat kita bekerja dilaut, apakah benar kita harus minum2n berakohol agar badan kia tdk fngn saat mrlakukan perjalanan? Atau ada acra lain selain mnum2n berakohol agar bdan jita ttap fresh dan tdk mudah sakit.

  277. hidayah ramadhan says:

    Saya mau tanya nih bang.
    Saat kita bekerja dilaut, apakah benar kita harus minum2n berakohol agar badan kia tdk dngn saat melakukan perjalanan? Atau ada cra lain selain mnum2n berakohol agar bdan jita ttap fresh, hangat dan tdk mudah sakit?

  278. Assalamualaikum kang agus

    Saya siswa kelas 2 sma , Saya bercita-cita dapat bekerja di kapal pesiar bagian juru masak/perhotelan , saya ingin menanyakan ttg jurusan apa sajakah yg harus saya ambil saat kuliah nanti & apakah harus ada pengalaman kerja dlu sblm melamar pekerjaan di kapal pesiar ?
    Apakah pelamar diwajibkan dapat berenang , karena kebetulan saya tidak bisa berenang

    Masih banyak pertanyaan yang saya ingin tanyakan tapi alangkah baiknya lewat jalur pribadi jd klw boleh saya minta akun yg bisa dihubungi

    Ditunggu responnya ya kang agus
    Makin sukses !

  279. rohman says:

    wahhh ! hebat keren makasih infonya
    mas saya mau tanya ada tidak lowongan kerja untuk di dapur kapal pesiar holland

  280. Dimantara says:

    kang agus klow seandenya punya pengalaman training aja 6 bulan di bagian F&B service bisa gak brangkat ke kpal pesiar kang agus ? please comen kang agus ?? 😀

  281. hegardongin says:

    ka boleh mnta pin BB atau ID line atau No. Hp ga? bwt nanya” ka masalah cruiseship, soalnya ane masih SMK perhotelan…

  282. sukanto says:

    mas, sya mau apply ke situ dan cita.cita’y di HK apa aja sih yg ditanya selain background education and personal ???

  283. dadan uhe says:

    ge kumaha damang,hayang pisan uy bergabung….tapi mun gigi ada yg ompong dan keropos kumaha ge….?

  284. triz says:

    Mau nx om kira2 biaya kerja di kapal pesiar itu berapa??

  285. gendy says:

    pagi mas yg baek hhti and gkk sombong, naxk ni, sy kn krja d prhotelan, udh 2 thunan, n sy bsa bhs inggrs tp gk bgtu pintr lyak.a seorng mnejr, bsa lolosk gk klo sy intrvew? and apa aja ia sih yg d tanya saat intrvew

  286. mocks says:

    Mas agus, ini saya juga pngn layar …. Tp aq pnya bekas operasi usus buntu , apa bisa lolos medical check up ya mas agus ??

  287. nuzur says:

    bos saya akan aplikasi dokumen ke BSI insaallah bulan ini dan saya punya pengalaman kerja di hotel 1 tahun dan umur saya 26 dan saya minta sara teman2 untuk bagaimana menghadapi interview karena saya agak kurang percaya dg bhs ingggris saya terutama tulisan.
    thanks
    Muh Nuzur

  288. Albi says:

    Kang kemarin saya gagal tes marlin boleh bagi tipsnya

  289. Aprilia Maslukha says:

    Ka kalo masih cadet bisa ga?

  290. ipan Nursila says:

    Mata Minus bisa ga kang agus?
    saya minat banget ini usia saya udah 19thn jadi kalau boleh minta saran persiapan nya gimana aja buat bisa kerja di kapal pesiar nanti ? soal nya saya lihat kan minimal 21thn,

  291. denny says:

    kang klo kerja dikapal usia 39th masih bisa ga? pengalaman sy di housekepping hotel borobudur , bahasa inggris bisa tp pasif ga lancar” bngith. txs kang jwbn nya

  292. Salam kenal kang Agus, saya pak Putu, pensiunan Holland America, tahun 1987-2002, dimana sekarang, email ya: iputumahendra@icloud.com ato sms/tlp. “081933069590” sukses dan sehat!

  293. tiyo says:

    mas agus mau nanya ni mas klo uda perna patah kaki masih bisa nggak mas kerja di kapal soal nya kaki nya panjang sebelah ya sekitar 2cm lah tapi nggak ada rasa sakit” atau ngilu” lagi mas kira” masih bisa nggak ya mas mohon info nya ya mas makasih

  294. joddy says:

    selain di SBI agen mana lagi yg mas tau ?
    saya baru lulus sma tahun 2014 pengalaman hotel cuma daily worker aja .tapi saya beberapa bulan lalu udh punya sertifikat BST .SAT .dan 2 minggu lalu baru jadi seamanbook kalo speak english insyaallah conversation bisa dikit” hehe kira” keterima di bagian mana mas ?
    terus saya hrs ke agen mana ?
    Kalo punya email tolong balas ke :
    Joddysaputra1212@yahoo.co.id
    Joddysaputra46@gmail.com

    terimakasih 🙂

  295. Wahid says:

    Lewat ap ka masuk, ke pelayaran

  296. edward says:

    mas agus klo ijazah BST bisa gak kerja di kapal pesiar

  297. Jerry says:

    apakah yg tidak punya pengalaman samasekali di bidang perhotelan bisa bekerja di kapal pesiar? saya lulusan d3 manajemen keuangan dan tidak punya pengalaman dibidang perhotelan apakah bisa bekerja di kapal pesiar? dan posisi yg cocok untuk saya apa ya kira2? Terimakasih

  298. fajar nursapto says:

    terima kasih bnyk kang agus, berguna sekali. skr saya lg menempuh pendidikan perhotelan & kapal pesiar. mudah2an lancar kedepannya

  299. Deni Saputra says:

    kang kalo biaya visa , pasport dll sama ongkos kesanannya pake uang sendiri atau nanti bakal di ganti , terimakasih

  300. Taufiq says:

    Assalamualaikum kang,wah mantap info nya,saya sangat tertarik bahkan impian saya kerja di kapal,kerja bagian apa saja ga apa apa,sambil bertahap belaja,saya malah pernah kerja di kapan tuna,itu krna di bawa teman,saya kira di pesiar,dan saya kapok,tapi jadi pelajaran dan jadi punya pengalaman di laut,saya ga nyerah buat terus cari info kerja di pesiar ,bisa minta info jelasnya untuk saya melamar ke PT nya kang agus?hatur nuhun terimakasih kang

  301. rio febrian says:

    mas mau nanya klo giginya ompong bsa masuk kpal pesiar ga?

  302. haerul says:

    Kebetulan kang saya ingin bekerja d kapal tapi saya msh kls 2 sma msh pkl d hotel

  303. hamed ahmed says:

    mas di HAL terima crew yang dri OS sailor tidak ya

  304. Raka says:

    Assalamualaikum kang.. Saya mau tanya. Saya ini umurnya masih 18 thn. Apakah sudah bisa kerja di kapal pesiar? Jika belum, sembari menunggu umur yang ditetapkan, pekerjaan apa yang harus saya pilih agar saya memiliki pengalaman sebelum bekerja di kapal pesiar?

  305. Isha Rani says:

    Assalamu’alaikum kakk agus, numpang nanya kakk… aku baru lulus SMA tahun ini, jurusan IPA, umur aku 18 thun. tinggi badan aku sekitar 165 lebih kakk tapi berat aku kurang 5kg gak proporsional kakk. sekarang aku lagi di kampung inggris. aku pengen kerja di kapal pesiar, aku suka masak, menurut kakak sebaiknya aku lanjutin kuliah jurusan apa biar aku bisa kerja di kapal pesiar kakk?

  306. Isha Rani says:

    Assalamu’alaikum kakk agus, numpang nanya kakk… Saya baru lulus SMA tahun ini, jurusan IPA. umur saya 18 thun. saya suka masak kakk. saya pengen nantinya kerja di kapal pesiar. sebaiknya saya kuliah ngambil jurusan apa kakk??

  307. kang agus untuk saat ini apakah masih ada lowongan untuk bekerja ke kapal pesiar ? dan persyaratan nya kira2 apa aja kang, dan melalui agen resmi mana untuk kita mendaftar? mohon di jawab ya kang 🙂 adik saya lagi cari lowongan kerja di kapal pesiar kang..
    terima kasih ….

  308. Gusnaidi says:

    Mas agus kalo untuk yang lulusan smk bisa gak mas, soalnya aku berminat banget pelayaran. Trus aku harus ngelmar kemana ya mas???

  309. Adjie says:

    Apa harus bisa berenang kalo pengen kerja dikapal pesiar?

  310. JulioPutra says:

    Mas agus…saya kan msh smp..tahun ini saya mau lulus..kalo mw ke pesiar ambil sklh SMA / SMK ya? & jurusan apa? Mohon bimbingannya

  311. dany widiyantoro says:

    kang dulu kuliah perhotelan apa kursus di agen.?
    saya rencana mau kursus di agen ngambil housekeeping.
    terus pas interview pertanyaan yg paling sulit apa?

    • Kang Agus says:

      Kuliah cuma diploma 1 perhotelan aja. Kalau di hal ada training kalau ke perusahaan lain g ada .sebaiknya kalau umur belum 21 kuliah aja dulu

      • adhe says:

        Mas mau nanya kalo kursus di agen katanya bisa magang dulu di kapal asia ya mas? Soalnya saya belum ada 21 tahun dan ingin segera brangkat, kalo kuliah d 1 belum ada pendaftaran juga soalnya, kalo cuman modal d1 apa juga perlu training di hotel sekian tahun itu untuk persyaratan?

  312. Ichaa says:

    Kang agus mau nanya..
    Klo agen yg nyedian training buat kerja dikapal pesiar tapi trainingnya cuman sehari itu ada ngak? Apa jangan” penipuan?. Tapi menurut saya kan biasanya yg mau kerja di kapal pesiar itu harus punya sertifikat dari sekolah pelayarannya atau pengalaman kerja di perhotelankan?

    • Kang Agus says:

      Tidak mungkin sehari di holland america line training di cikarang 2 bulanan maksimal dan ini resmi kalau di kapal lain g ada training ..training nya di kapal pas kerja

  313. faid says:

    mau tanya ni sama kang agus dan kawan2 ..saya sudah melengkapi dokumen kapal pesiar tapi ..terkendala dana untuk bayar fee agent sbesar 1800$ kalo L.O.E sudah turun apa bisa di pakai untuk pengajuan pinjaman ke bank ya ?? kalo bisa apa saja syaratnya kawan trimakasih??

  314. agnes says:

    fungsi overhaul gyrocompass dan instalasi autopilot di kapal apa ya?

  315. Basori says:

    Assalamu’alaikum kang agus
    According to your experience, How long will we get promotion in our carrier??
    Thank you

    • Kang Agus says:

      Wa’alaikum salam wr wb we can not say soon as possible for promotion to be high level depend on you
      if you work smart and good job or always active i think will be get promotion but it was in HAL for another ship must be apply to HR

  316. Nur Mahar Aji says:

    mas. saya baru kelas 11. nah, saya udh ada niatan buat kerja di pelayaran asia. trus, bahasa apa aja yang dipelajari?. saya mau belajar mulai dari sekarang, sekalian nunggu lulus

  317. Jemmi Anugrah says:

    kang agus makasih share infornya..saya ada pertanyaan..kalo di pesiar gitu ada bagian retailnya engga? terimakasih


    https://polldaddy.com/js/rating/rating.js

  318. wil yandi s says:

    mas saya mu nanya apakah kalau kerja di kapal pesiar itu harus sudah kerja di hotel atau bisa langsung masuk?


    https://polldaddy.com/js/rating/rating.js

  319. Pingback: Inilah Trik Jitu Cara Cepat Diterima Kerja Di Kapal Pesiar – Curhat sang pelaut

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.